Koba, Bangka Tengah  (ANTARA News) - Sebanyak 134 jemaah haji dari Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada Rabu (16/12) telah kembali dari tanah suci dalam keadaan sehat.

"Sebanyak 134 jemaah haji Bangka Tengah yang menunaikan ibadah haji pada 2009 telah kembali ke Bangka Tengah dan dalam keadaan sehat," ujar Kasubbag Kantor Departemen Agama Bangka Tengah, Mirdan H di Koba, Kamis.

Ia mengatakan, kedatangan rombongan jemaah haji Bangka Tengah yang pulang dari Arab Saudi dibagi menjadi dua rombongan yakni pada rombongan kelompok terbang (kloter) 8 dan kloter 9.

"Kloter 8 berjumlah 90 orang jemaah tiba di Bangka Tengah pada Selasa (15/12), sedangkan kloter 9 yang berjumlah 45 orang jemaah tiba pada Rabu (16/12)," katanya.

Menurut dia, dalam penyambutan kedatangan para jemaah haji Bangka Tengah dihadiri langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Abu Hanifah.

"Bupati menyambut kedatangan para jemaah di Lapangan Udara Kota Palembang selama dua hari ini yang merupakan kegiatan rutin bupati pada saat pelepasan maupun penyambutan jemaah haji Bangka Tengah," katanya.

Ia mengatakan, para jemaah yang telah tiba di Bandara Kota Palembang langsung kembali diberangkatkan bersama Bupati Bangka Tengah menuju Bandara Kota Pangkalpinang.

"Setelah sampai di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, rombongan jemaah haji berkumpul di Kantor Wilayah Departemen Agama untuk kemudian pulang ke rumah masing-masing," katanya.

Menurut dia, pada beberapa waktu ke depan, direncanakan jemaah haji Bangka Tengah periode 2009 akan kembali dikumpulkan untuk mengikuti kegiatan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) daerah itu.

"Setelah pulang ke rumah masing-masing, jemaah haji akan dimasukkan ke dalam IPHI Bangka Tengah namun agenda kegiatannya kami belum dapatkan," katanya.

Ia mengatakan, direncanakan pada 18 Desember 2009, sebanyak 134 jemaah haji akan di undang Bupati Bangka Tengah untuk memperingati Isra` Mi`raj atau acara 1 Muharram.

"Jemaah haji periode 2009 akan diundang Bupati Bangka Tengah, Abu Hanifah dalam peringatan hari Isra` Mi`raj pada 18 Desember 2009 namun tempatnya kami belum tahu," katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan ibadah haji yang di kawal oleh Kantor Departemen Agama Bangka Tengah berjalan lancar dan tidak terkendala apa pun.

"Penyelenggaraan ibadah haji yang di urus Kandepag Bangka Tengah merupakan penyelenggaraan yang kelima dan semuanya berjalan lancar," katanya.

Ia mengatakan, keberangkatan haji yang diurus oleh Kandepag Bangka Tengah bermula sejak 2005 sejak Bangka Tengah dimekarkan menjadi kabupaten.

"Pada 2004, jemaah haji Bangka Tengah masih mengikuti keberangkatan dari Kabupaten Bangka," katanya.

Ia mengatakan, sejak lima tahun terakhir, jumlah jemaah haji dari Bangka Tengah yang diurusi oleh Kandepag daerah itu telah mencapai 556 orang jemaah haji.

"Pada 2005 kami memberangkatkan 90 jemaah, pada 2006 sebanyak 79 jemaah, pada 2007 sebanyak 130 jemaah, pada 2008 sebanyak 123 dan pada 2009 sebanyak 134 jemaah haji," katanya.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009