Palembang (ANTARA News) - Jemaah haji dari Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan akan tiba di Palembang pada penerbangan terakhir karena mereka tergabung dalam kloter 23.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Sumsel, Indoni Wahyudi, di Palembang Minggu mengatakan, berdasarkan jadwal mereka akan tiba di Palembang Kamis (31/12) karena mereka tergabung dalam kloter terakhir.

Jemaah haji Sumsel dan provinsi Bangka Balitung tahun ini dibagi dalam 23 kloter yang pemberangakatnnya dari Tanah Suci dimulai pada 3 hingga 31 Desember.

Bergabungnya jemaah asal Bangka Balitung itu karena provinsi tersebut belum memiliki embarkasi haji sendiri sehingga pemberangkatannya melalui embarkasi Palembang, Sumsel.

Lebih lanjut dia mengatakan, jadi jemaah asal Banyuasin berangkat dari Tanah Suci hari terakhir karena penerbangannya dari Palembang juga paling belakang.

Sebelum penerbangan asal Banyuasin juga akan diberangkatkan dari Arab Saudi, jemaah Kota Prabumulih yang tergabung dalam kloter 22 dan diperkirakan tiba di Palembang pada, Rabu (30/12).

Namun, kata dia, sebelum pemberangkatan asal kota Prabumulih akan diterbangkan jemaah Kabupaten Lahat. Untuk kabupaten Lahat termasuk dalam kloter 21 yang bedasarkan jadwal akan tiba di Palembang, pada Selasa (29/12) nanti.

Sementara hingga hari ini, jemaah Sumsel yang sudah tiba di Palembang, Sumsel tercatat sebanyak 19 kloter dari berbagai kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Berdasarkan data jemaah yang sudah tiba di Palembang itu antara lain kloter pertama asal Lubuklinggau, kemudian Palembang, selanjutnya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Rawas (Mura), Ogan Ilir.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009