Sumenep (ANTARA News) - Dua jemaah haji asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, hingga Selasa, masih berada di Madinah.

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Departemen Agama (Depag) Sumenep, Nurhamim menjelaskan, satu dari dua jemaah haji yang masih berada di Madinah itu, yakni R.A. Sahnawiyati binti Moeljana Anggodirdjo, sedang sakit dan dirawat di rumah sakit.

"Putra dari jemaah haji yang sakit itu tidak ikut pulang ke Sumenep, karena menunggui ibunya. Sehingga, ada dua jemaah haji asal Sumenep yang masih berada di Madinah," katanya di Sumenep, Selasa.

Dua jemaah haji yang masih berada di Madinah tersebut, Sahnawiyati dan putranya, R. Syahwan Effendi adalah jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 82.

"Informasinya, dua jemaah haji tersebut akan pulang ke Indonesia ikut kloter 88, dengan catatan Ibu Sahnawiyati sudah sembuh," katanya mengungkapkan.

Nurhamim juga mengatakan, secara keseluruhan, jemaah haji asal Sumenep yang tergabung dalam kloter 82 dan 83 sebanyak 814 orang.

"Dari 814 orang, hanya 812 jemaah haji yang bisa pulang ke Sumenep. Dari 812 orang tersebut, sebanyak 104 jemaah haji dijemput kerabatnya di Surabaya. Sementara 708 orang memanfaatkan bus yang kami sediakan untuk pulang ke Sumenep," ucapnya menuturkan.

Jemaah haji asal Sumenep yang tergabung dalam kloter 82 tiba di lapangan timur Gelanggang Olah Raga (GOR) Ahmad Yani Sumenep yang menjadi pusat penyambutan kedatangan haji tahun 2009, pada pukul 10:00 WIB dan kloter 83 tiba pada pukul 11:00 WIB.

Kedatangan jemaah haji kloter 82 dan 83 itu disambut oleh Bupati Sumenep Mohammad Ramdlan Siraj, dan sejumlah pejabat yang tergabung musyawarah pimpinan daerah (muspida), di antaranya Kapolres Sumenep, AKBP Pri Hartono Eling Lelakon dan Kajari Abdul Azis. (*)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2009