Bogor (ANTARA News) - Sebanyak 1.132 calon haji Kota Bogor, Jawa Barat, saat ini telah berada di Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji bersama seluruh calhaj lain.

Kepala Bidang Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Bogor, Cholik Mawardi mengatakan, saat ini kondisi kesehatan seluruh calon haji dalam keadaan baik.

"Seluruh jemaah sudah berada di Mekkah, mereka semuanya sehat dan dapat menjalankan ibadah haji dengan baik," kata Cholik, di Bogor, Kamis.

Untuk membantu jemaah haji Kota Bogor, masing-masing kloter didampingi lima orang petugas haji yang telah ditunjuk oleh Kementerian Agama Kota Bogor.

Para petugas haji tersebut bertugas membimbing para calon jemaah haji dalam melaksanakan ibadah, menghindari terjadinya kejadian yang tidak diinginkan, seperti yang saat ini marak terjadi di Mekkah yakni perampasan uang jemaah haji.

"Para petugas kita kerahkan untuk membimbing dan mendampingi para jemaah agar tidak terpisah dari kelompoknya, dan bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar tanpa ada halangan," ujarnya.

Menurut Cholik calon jemaah haji Kota Bogor, cukup disiplin dan tertib mempersiapkan perjalanan haji, sehingga pelaksanaan haji berjalan baik. Seperti antisipasi cuaca buruk, jemaah sudah diimbau untuk membawa pakaian dingin lengkap, dan membawa obat-obatan pribadi.

Cholik menyebutkan, sudah tiga kloter calhaj Bogor yang diberangkatkan, kloter terakhir yakni kelompok terbang 85 sebanyak 22 orang berangkat Senin (8/11) dari Masjid Raya Bogor menuju Asrama Haji Bekasi.

Dijelaskannya, kuota jemaah haji Kota Bogor, sebanyak 1.096 orang, namun pada saat keberangkatan, jemaah haji Kota Bogor bergabung dengan jemaah haji dari Kabupaten Bogor, sehingga jumlahnya menjadi 1.154 orang.

Cholik mengatakan, pihaknya meningkatkan koordinasi dengan petugas haji di Mekkah guna memastikan keberadaan jemaah haji Kota Bogor dalam keadaan baik.
(LR/B010)

Copyright © ANTARA 2010