Mekkah (ANTARA News) - Menteri Agama yang juga Amirul Haj Suryadharma Ali menilai penyelenggaraan haji tahun ini telah berjalan dengan baik, walau diakui masih terdapat masalah.

"Bagaimanapun baiknya penyelenggaraan haji, tetap saja akan memunculkan masalah," ujarnya ketika mengadakan silaturahmi dengan Tim Peliput Haji Media Cetrer Haji (MCH) 1431 H di Holidiah, Mekkah, Jumat malam.

Menurut Amirul Haj Suryadharma Ali, melayani 221 ribu lebih jamaah haji, dengan latar belakang yang berbeda baik dari segi usia, suku, budaya, dan kebiasaan, memang bukan pekerjaan yang mudah dan sederhana.

"Tapi kami tetap berupaya sekuat tenaga untuk memberi pelayanan yang sebaik-baiknya kepada jamaah haji," ucapnya.

Hadir pada silaturahmi tersebut, Naib Amirul Haj KH Hasyim Muzadi, KH Muhammad Muqodas, Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat, dan Dirjen PHU Slamet Riyanto.

Selain itu hadir juga Dubes RI untuk Arab Saudi dan Kesultanan Oman Gatot Abdullah Mansyur, Ketua PPIH Arab Saudi Syairozi Dimyathi, dan sejumlah pejabat Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan.

Dalam hal layanan pemondokan, kata Menag Suryadharma Ali, terdapat peningkatan yang cukup menonjol. Pada tahun ini, pondokan yang berada di ring I sebanyak 63, sisanya 37 berada di ring II.

"Tahun depan saya berharap pondokan jemaah yang berada di ring I meningkat menjadi 80 persen," harapnya.

Menag Suryadharma Ali mengatakan, para wartawan peliput haji telah melihat langsung para petugas bekerja keras melayani jamaah haji, bahkan tidak kenal waktu, pagi, siang maupun malam.

Menag Suryadharma Ali selaku Amirul Haj menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada para wartawan yang tergabung dalam Tim MCH yang telah membantu memberikan layanan informasi haji kepada masyarakat .

"Kementerian Agama dalam hal ini PPIH, senantiasa terbuka, tidak ada yang ditutup-tutupi dalam hal penyelenggaraan haji.Silakan wartawan menyampaikan saran, kritik dan masukan untuk perbaikan penyelenggaraan haji," katanya.
(E001/S019)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010