Bogor (ANTARA News) - Kedatangan jamaah haji asal Kota Bogor yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 2 Jawa Barat mengalami keterlambatan hingga satu jam.

Semula kedatangan 424 jamaah asal Kota Bogor tersebut dijadwalkan sampai di Tanah Air pukul 14.00 WIB, namun pesawat Saudi Arabian Airlines yang membawa mereka baru mendarat pukul 15.00 WIB di Bandara Sukarno-Hatta Tanggerang Banten, Senin.

Ketua Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) Dede Supriatna dalam siaran pers Humas Pemkot Bogor menyebutkan, keterlambatan disebabkan oleh bus pengangkut para jamaah haji dari penginapan di Mekkah menuju bandara King Abdul Aziz, Jeddah, mengalami keterlambatan.

"Kedatangan jamaah terlambat satu jam, karena bus pengangkut jamaah dari penginapan menuju bandara terlambat," katanya.

Dede mengatakan, pesawat Saudi Arabian Airlines yang mengangkut jamaah haji Kloter 2 Kota Bogor lepas landas dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pukul 02.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

"Semula jadwal lepas landas pesawat yang membawa jamaah Kota Bogor pukul 01.00 WAS tapi karena keterlambatan penjemputan sampai satu jam lamanya," kata Dede.

Dede menyebutkan, meski terlambat proses kepulangan jamaah haji berjalan lancar, namun ada dua jemaah haji yang tergabung di kloter 2 Kota Bogor dialihkan ke Kloter 3 Kabupaten Ciamis.

"Ada dua jemaah yakni H Hasrat dan Hj Entin, keduanya pasangan suami istri merupakan rombongan dari YPHB (Yayasan Persaudaraan Haji Bogor-red). Kita tidak tahu kenapa mereka dialihkan ke kloter tiga," katanya.

Dede mengatakan, pesawat yang membawa jemaah kloter 3 asal Ciamis dijadwalkan malam ini akan tiba di Tanah Air, sehingga ia mengimbau kepada pihak keluarga yang menjemput untuk tidak khawatir.

"Selisih waktu keberangkatan pesawat Kloter 3 hanya dua jam dari pesawat yang mengangkut Kloter 2," katanya.

Ia menjelaskan, seluruh jamaah haji Kloter 2 berjumlah 430 orang termasuk petugas haji, sedangkan jamaahnya hanya berjumlah 424 orang.

Kedatangan jamaah kloter 2 Kota Bogor dijemput langsung Wali Kota Bogor Diani Budiarto bersama Istri Fauziah Diani Budiarto dan jajaran Muspida Kota Bogor dari Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten.

Rencananya, dari Bandara Soekarno Hatta jamaah akan dibawa menuju Asrama Haji Jawa Barat di Bekasi untuk proses administrasi. Selanjutnya, jamaah akan menuju Balai Kota Bogor diperkirakan rombongan akan sampai pukul 22.00 WIB.

(KR-LR/A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010