Pangkalpinang (ANTARA News) - Jamaah haji Provinsi Bangka Belitung dijadwalkan sudah menyelesaikan seluruh prosesi ibadah haji dan kembali ke Tanah Air pada 2 Desember 2010.

"Jika tidak ada halangan, jadwal kepulangan jamaah haji Babel pada 2 hingga 4 Desember 2010," kata Kepala Seksi Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Babel, Ridwan, di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, seluruh jamaah haji Babel kembali melalui Debarkasi Palembang, setelah itu dipulangkan ke Pangkalpinang dan Tanjungpandan menggunakan maskapai penerbangan Sriwijaya Air.

"Seluruh jamaah haji Babel dipulangkan ke Tanah Air setelah sebelumnya menginap semalam di Jeddah," ujarnya.

Kloter 8 Debarkasi Palembang akan tiba di Pangkalpinang pada 3 Desember, sedangkan kloter 9 dan 10 tiba pada 4 Desember 2010.

"Saat ini seluruh jamaah Babel seusai melaksanakan rangkaian ibadah haji hanya menunggu waktu kepulangan ke Tanah Air, dengan melaksanakan shalat lima waktu," kata Ridwan.

Ridwan mengharapkan pihak keluarga pada saat kedatangan jamaah nanti, tidak memadati Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

"Bagi pihak keluarga yang akan menjemput jamaah sebaiknya menunggu ke Kanwil Kemenag Babel, karena penyambutan kedatangan jamaah secara resmi dilakukan di sana," tuturnya.

Ia juga meminta para penjemput untuk tertib pada saat mengambil barang bawaan jemaah, agar tidak terjadi kesalahan mengambil barang bawaan milik jamaah lain.

"Belajar dari pengalaman pada 2009 para penjemput berebutan untuk mengambil barang bawaan jamaah, sehingga banyak barang bawaan yang tertukar dengan milik jamaah lain," katanya.

(ANT-147/A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010