Ribuan pendukung tim Afrika Selatan (Afsel) mengantre semalaman demi mendapatkan 500.000 tiket Piala Dunia (PD) yang belum laku.

Banyak warga Afsel yang mengeluh proses penjualan sebelumnya, yaitu penjualan tiket melalui laman FIFA atau dengan membeli tiket melalui cabang bank lokal, terutama orang-orang yang tidak memiliki akses internet dan kartu kredit. FIFA pada hari Rabu setuju untuk menjual tiket secara langsung.

"Kami senang dengan prakarsa ini, yang membuat proses menjadi lebih mudah bagi semua orang," kata ketua penyelenggara PD 2010 Danny Jordaan, sebagaimana dikutip dari Worldsoccer.com.

"Kami selalu mengatakan bahwa penting bagi kami untuk membuat Piala Dunia ini terjangkau bagi semua orang dan dengan loket penjualan, kami percaya tindakan ini sesuai dengan yang diinginkan pendukung," kata Jordaan.

Permintaan tiket di Afsel pada awalnya berjalan lamban, tetapi pada penjualan tahap terakhir menunjukkan 85 persen dari 240.000 tiket yang dijual antara Februari dan awal April akan dijual untuk masyarakat lokal.

FIFA mengungkapkan bahwa 2.2 juta tiket sudah terjual. (ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010