Munchen (ANTARA News) - Pelatih Jerman Joachim Low membuat kejutan dengan memasukkan dua pemain nama baru, yaitu bek Hamburg Dennis Aogo dan pemain muda Bayern Munchen Holger Badstuber dalam daftar sementara pemain yang akan dibawa ke Piala Dunia (PD) 2010.

Low juga memasukkan pemain veteran Hans-Jorg Butt sebagai salah satu dari tiga kiper, setelah kiper pilihan utama Rene Adler tidak masuk skuad karena cedera.

Kedua puluh tujuh pemain itu akan dipangkas menjadi dua puluh tiga pemain pada 1 Juni. Jerman akan  melakukan pertandingan pemanasan melawan Malta tanggal 13 Mei di Aachen, melawan Hungaria di Budapest tanggal 29 Mei dan Bosnia-Herzegovina di Frankfurt tanggal 3 Juni.

"Kami memiliki banyak pemain muda tanpa pengalaman internasional, tetapi mereka memiliki kualitas dan tidak mudah untuk mengatakan empat pemain mana yang akan pulang," kata Low, seperti dilaporkan oleh situs bbc.co.uk.

Aogo pernah 25 kali membela timnas junior Jerman, namun dia belum pernah membela timnas senior. Sedangkan, Badstuber yang bermain mengesankan musim ini bersama Munchen pernah membela tim junior selama 12 kali.

"Aogo sudah bermain bagi tim dibawah usia 21 tahun kami dan sudah bermain bersama Hamburg di Eropa. Bagi kami, kriterianya bukan apakah pemain sudah bermain dalam banyak pertandingan bagi kami, tetapi apakah mereka berpotensi dan kami bisa melihat kemampuan teknis dan itu alasan kenapa kami memutuskan memasukkan dia dalam daftar 27 pemain," kata Low.

Butt yang sudah berusia 35 tahun baru tampil untuk timnas selama 3 kali. Dia harus bersaing dengan kiper Schalke Manuel Neuer dan kiper Werder Bremen Tim Wiese untuk menjadi kiper utama.

Low menolak untuk mengatakan siapa yang akan jadi pilihan utama untuk PD nanti.

"Butt sudah menjadi bagian dari turnamen (PD 2002) dan dia sudah memiliki pengalaman di Piala Dunia. Dia bermain bagus musim ini dan dia figur dewasa yang bisa memperkuat pemain muda. Dia memiliki rasa percaya diri," tambah Low.

Butt merupakan bagian dari kesuksesan Munchen dalam perburuan gelar Munchen di Liga Jerman dan Liga Champion.

Sementara itu kapten Jerman, Michael Ballack merupakan satu-satunya pemain Jerman yang merumput di luar negeri. Low tidak memasukkan nama gelandang yang kini merumput di Liga Italia, Thomas Hitzlsperger.

Berikut ini daftar nama ke-27 pemain Jerman:

Kiper: Hans-Jorg Butt (Bayern Munich), Manuel Neuer (Schalke 04), Tim Wiese (Werder Bremen)

Bek: Per Mertesacker (Werder Bremen), Heiko Westermann (Schalke 04), Philipp Lahm (Bayern Munich), Jerome Boateng (Hamburg), Andreas Beck (Hoffenheim), Arne Friedrich (Hertha Berlin), Serdar Tasci (Stuttgart), Marcell Jansen (Hamburg), Holger Badstuber (Bayern Munich), Dennis Aogo (Hamburg).

Gelandang: Michael Ballack (Chelsea/ENG), Sami Khedira (Stuggart), Piotr Trochowski (Hamburg), Marko Marin (Werder Bremen), Bastian Schweinsteiger (Bayern Munich), Christian Trasch (Stuttgart), Mesut Ozil (Werder Bremen), Toni Kroos (Bayer Leverkusen).

Penyerang: Lukas Podolski (Cologne), Miroslav Klose (Bayern Munich), Stefan Kiessling (Bayer Leverkusen), Cacau (Stuttgart), Thomas Muller (Bayern Munich), Mario Gomez (Bayern Munich).
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010