Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Australia menyatakan komitmen untuk membantu Indonesia dalam merespon lonjakan kasus COVID-19 di dalam negeri, melalui penyediaan paket bantuan kesehatan.

“Hari ini saya berbicara dengan sahabat dan mitra saya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dan mengkonfirmasi dukungan kesehatan segera bagi Indonesia, dalam responnya,“ kata Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne dalam keterangan tertulis di laman resmi yang diakses dari Jakarta pada Rabu.

Menurut pernyataan tersebut, paket bantuan yang akan diberikan Australia untuk Indonesia mencakup alat medis oksigen dan non-oksigen senilai 12 juta dolar, termasuk 1.000 unit ventilator, konsentrator oksigen hingga 700 unit, lebih dari 170 tabung oksigen dan serangkaian peralatan sekali pakai dan alat medis lainnya.

Selain itu termasuk pula 40.000 alat tes cepat antigen dan 2,5 juta dosis vaksin AstraZeneca pada tahun 2021.

“Dukungan Australia akan memperluas kapasitas tes cepat, menjaga layanan kesehatan yang ada dan mendukung fasilitas medis darurat di tengah upaya Indonesia dalam merespon lonjakan jumlah kasus,” kata Menlu Payne.

Dia pun menjelaskan bahwa pembagian vaksin sebanyak 2,5 juta dosis vaksin dengan Indonesia sejalan dengan pernyataan Perdana Menteri Scott Morrison pada KTT G7 untuk menyediakan setidaknya 20 juta dosis vaksin COVID-19 untuk kawasan Indo-Pasifik pada pertengahan 2022.

Adapun paket bantuan tersebut, lanjut Payne, kian memperkuat dukungan Australia untuk respon COVID-19 Indonesia hingga hari ini.

“Sejak awal pandemi kami telah mengucurkan pinjaman sebesar 1,5 miliar dolar untuk mendukung respon COVID-19 Indonesia dan ketahanan ekonomi, me-reorientasi kemitraan pembangunan kami yang telah berjalan lama, dan menyediakan 100 ventilator serta alat medis dan laboratorium lainnya,” paparnya.

Baca juga: Indonesia dapat bantuan vaksin COVID-19 dari Jepang, Australia, dan AS
Baca juga: Indonesia-Australia dorong kerja sama kesehatan via lembaga penelitian
Baca juga: Australia serahkan 100 ventilator untuk Indonesia tangani COVID-19


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021