Denpasar (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng memprediksikan kemenangan tim tuan rumah Afrika Selatan di laga pembuka Piala Dunia 2010.

Ditemui menjelang acara "nonton bareng" Piala Dunia bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di ballroom Hotel Intercontinental Bali, Jumat malam, Menpora menegaskan prediksinya.

"Bafana-bafana 2-1," kata Andi. Bafana-bafana adalah julukan bagi tim Afrika Selatan.

Menurut Andi, biasanya tuan rumah selalu menang di laga perdana oleh karena itu ia mendukung tim benua hitam itu.

Malam itu Andi tak sendirian, Juru bicara kepresidenan Julian A Pasha juga memberikan dukungannya pada Afrika Selatan.

"Saya lihat Afrika Selatan lebih meyakinkan. Meksiko susah payah masuk ke Piala Dunia. Afrika Selatan memiliki rekam jejak yang lebih meyakinkan," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa secara moral dukungan besar publiknya juga sangat berpengaruh.

Malam itu Presiden mengajak rombongan resminya dalam kunjungan kerja ke Bali, 11-13 Juni 2010, untuk "nobar" Piala Dunia.

Namun mengingat acara "nobar" itu dihadiri oleh Presiden seluruh tamu undangan yang terdiri dari para menteri, staf khusus dan pejabat daerah provinsi Bali memilih untuk mengenakan kemeja batik daripada kaos tim unggulan masing-masing laiknya penonton sepakbola pada umumnya.

Sedangkan Presiden Yudhoyono memilih mengenakan jaket kulit warna hitam dan kaos merah.

Pada kesempatan itu Presiden duduk diapit Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

Acara "nonton bareng" Piala Dunia tersebut bukan pertama kalinya dilakukan oleh Kepala Negara. Pada putaran final Piala Dunia 2006, Presiden juga menggelar "nonton bareng" bersama para menteri dan wartawan.

Pembukaan Piala Dunia 2010 dilakukan di Johannesburg, Afrika Selatan. Putaran final Piala Dunia yang diikuti oleh 32 tim nasional itu disebut-sebut menghabiskan dana Rp65 triliun dan disiarkan oleh 400 jaringan televisi di 208 negara, termasuk Indonesia.

Upacara pembukaan yang dihadiri bapak bangsa Afrika Selatan Nelson Mandela dan dimeriahkan oleh sejumlah artis internasional tersebut mengawali pertandingan antara tim tuan rumah, "bafana bafana" melawan tim Meksiko.(*)
(G003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010