Johannesburg (ANTARA News) - Kekalahan 2-0 atas Belanda hari Senin di stadion Soccer City memperpanjang rekor pertemuan tak pernah menang Denmark melawan tim Oranje selama 43 tahun terakhir.

Belanda belum pernah kalah dari Denmark selama kurun waktu 43 tahun terakhir. Tim Oranje terakhir kalah 2-3 dari Denmark di babak kualifikasi Piala Eropa tahun 1967 dan babak semifinal Piala Eropa tahun 1992 lewat adu penalti.

Dalam pertandingan hari Senin di Soccer City, gol bunuh diri yang dilakukan oleh pemain Denmark Simon Poulsen di awal babak kedua lah yang membuat Belanda unggul lebih awal untuk kemudian menambah angka lagi lewat gol Dik Kuyt di menit ke-77.

Poulsen menyumbang angka untuk Belanda karena tandukannya yang dimaksudkan untuk menghalau bola malah membentur badan pemain Denmark lain dan akhirnya bola masuk ke gawang sendiri.

Kuyt menambah kemenangan Belanda atas Denmark di menit ke-77 dengan menyambar bola hasil tendangan gelandang Eljero Elia yang membentur tiang gawang.

Sementara itu, pelatih Denmark Morten Olsen dalam pertandingan hari Senin melawan Belanda akhirnya menurunkan penyerang Nicklas Bendtner yang baru sembuh dari cedera akibat kecelakaan mobil. Tapi Bendtner hanya bertahan selama satu jam dan kemudian digantikan Mikkel Beckmann.

Di pertengahan babak pertama Bendtner sempat mempunyai beberapa kesempatan membuat gol, namun tendangannya di menit ke-27 melebar jauh dari tiang gawang.

Selanjutnya Denmark akan menghadapi Kamerun tanggal 19 Juni di Pretoria.

AFP/A051/S005

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010