Seoul (ANTARA News) - Produsen elektronik di Korea Selatan mencatat lonjakan penjualan televisi tiga dimensi akibat tingginya permintaan selama Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Samsung Electronics telah menjual lebih dari 26 ribu TV tiga dimensi (3D) di pasar domestik tahun ini, termasuk 6 ribu penjualan selama Juni, kata juru bicara perusahaan tersebut.

"Kami belum punya data penjualan di pasar internasional, namun penjualan TV 3D di pasar domestik melonjak bulan ini berkat Piala Dunia," katanya dikutip AFP.

Produsen terbesar TV layar datar itu menargetkan untuk menjual 600 ribu TV 3D di pasar domestik maupun internasional pada semester pertama tahun ini dan 2,6 juta hingga akhir tahun.

Pesaing Samsung, LG Electronics juga mencatat kenaikan penjualan pada Juni dengan menjual 3 ribu unit di pasar domestik. Perusahaan ini berencana merilis model 3D ke pasar internasional akhir tahun ini.

Piala Dunia di Afrika Selatan mendongkrak permintaan produk kualitas tinggi ini, yang menghasilkan gambar seolah-olah keluar dari layar.

(Uu.SYS/S022/F005/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010