Pretoria (ANTARA News/Reuters) - Amerika Serikat mencetak satu-satunya gol di menit-menit akhir dalam pertandingan menentukan melawan Aljazair yang membuat tim Paman Sam lolos ke babak 16 besar.

Landon Donovan menjadi penyelamat AS yang terancam tersisih dari turnamen melalui gol di menit kedua babak pertambahan waktu. Hasil akhir ini membuat AS menjadi juara grup C bersanding dengan Inggris yang juga meraih poin sama sementara Aljazair dan Slovenia harus pulang tanpa hasil.

"Saya telah melalui perjalanan panjang selama empat tahun terakhir. Saya masih terkejut dan merasa sangat bangga dengan rekan-rekan saya yang lain. Sangat sulit dipercaya," kata Donovan.

Sang pelatih Bob Bradley menyatakan "Mereka (pemain) berusaha keras dalam pertandingan ini. Mereka tidak pernah berhenti. Kami memang bermain menekan dari awal pertandingan. Hal ini membuat pertahanan kami terbuka bagi lawan, namun kami memang butuh menang," tambahnya.

Sementara itu pelatih Aljazair Rabah Saadane mengatakan dirinya kecewa dengan hasil akhir pertandingan.

"Di menit-menit akhir kedua tim berusaha menyerang satu sama lain. Tapi nampaknya AS lebih beruntung," katanya.

Aljazair sebenarnya memiliki peluang mencetak gol lebih awal yakni lewat tendangan Karim Ziani dari luar kotak penalti saat pertandingan baru berlangsung selama 12 detik. Sayang tembakannya masih melebar dari gawang Tim Howard.

Di menit keenam, Aljazair sempat membahayakan gawang AS lewat tendangan Rafik Djebbour yang memanfaatkan kesalahan bek Jay DeMerit. Namun tembakannya masih mengenai tiang gawang.

AS membalas serangan Aljazair di menit ke 57 saat operan Jozy Altidore mental kearahnya lagi di dekat kotak penalti. Namun tembakan memutarnya hanya mengena tiang gawang.

Tujuh menit kemudian AS menekan pertahanan Aljazair lagi lewat tendangan Benny Feilhaber ke gawang Mbouli yang secara refleks menangkap bola.

Di menit berikutnya AS semakin menjadi namun Aljazair juga melakukan perlawanan. Di menit ke 68 tembakan Hassan Yebda melambung menuju gawang namun ternyata masih melebar.

Donovan akhirnya membuat AS unggul satu angka di menit kedua babak perpanjangan waktu dan wasit sempat menghadiahi kartu kuning kedua bagi pemain Aljazair Antar Yahia. (A051/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010