Washington, AS (ANTARA News/Reuters) - Sejumlah jejak kaki kecil dari Polandia memperlihatkan bahwa dinosaurus pertama merupakan binatang yang kecil dengan empat kaki, dan diduga lahir di dunia setelah kepunahan masal yang memusnahkan banyak reptil raksasa, ujar para ilmuwan, Selasa.

Fosil jejak kaki yang berusia 250 juta tahun itu merupakan bukti dinosaurus tertua, kata seorang ilmuwan, Stephen Brusatte, serta rekannya dari Museum Sejarah Alam Amerika di New York.

Menurutnya, hewan ini diduga berukuran sekecil kucing lokal saat ini dan hidup di tepian sungai di mana buaya yang lebih besar berkembang biak.

"Kami menjelaskan hal yang tak terbantahkan mengenai fosil tertua dari garis keturunan dinosaurus: jejak kaki dari awal zaman Triassic (berumur sekitar 250 juta tahun lalu) dari Polandia," kata tim Brusatte dalam tulisannya di Britain`s Royal Society journal Proceedings of the Royal Society B.

"Jejak ini, serta beberapa jejak lainnya yang berasal dari tempat penggalian yang lebih muda, memberikan pengetahuan penting mengenai asal dan awal sejarah evolusi dinosaurus. Hal tersebut mengindikasikan bahwa keluarga awal dinosaurus merupakan hewan yang amat kecil dan memiliki empat kaki yang hanya sepanjang beberapa sentimeter serta sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan reptil saat ini."

Ironisnya, fosil tersebut memperlihatkan bahwa kepunahan masal dapat membuat dinosaurus yang kecil dan langka untuk berkembangbiak, yang merunut kepada kejadian 65 juta tahun yang lalu ketika sebuah meteor dan ledakan gunung berapi membuat dinosaurus punah dan menghadirkan mamalia untuk berkembangbiak.

"Yang paling mencengangkan, fosil jejak kaki baru hanya mundur beberapa waktu dari kepunahan masal terbesar yang pernah tercatat (zaman Permo-Triassic), membuktikan bahwa nenek moyang dinosaurus terbentuk segera setelah bencana itu," ujar para peneliti.

Mereka juga menemukan fosil jejak kaki dinosaurus berjuluk Sphingopus yang berumur 246 juta tahun sebagai bukti tertua dari dinosaurus berkaki dua.

"Untuk pertama kalinya selama 20-50 juta tahun sejarah dinosaurus, mereka dan kerabat dekatnya ada di antara dugaan yang beragam, berhasil, dan banyak yang seperti kerabat jauh buaya," ujar Brusatte, menambahkan "Dinosaurus tertua berukuran kecil dan aneh."

(KR-BPY/H-AK/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010