Jakarta (ANTARA News) - Badan Tim Nasional (BTN) mengirimkan delapan pemain junior terbaik hasil seleksi Indonesia Football Academy (IFA) ke Inggris dan Belanda untuk menjalani pelatihan di dua negara Eropa itu.

Pemain terpilih itu merupakan hasil saringan dari 45 pemain U-14 dan U-15 yang sebelumnya lolos seleksi awal dari beberapa kota di Tanah Air.

"Empat pemain akan kami tempatkan di Inggris dan empat pemain di Belanda. Mereka akan diberangkatkan Februari nanti," kata Ketua BTN Iman Arif di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pada tahap awal ini anak yang lolos dalam penilaian dan pembinaan akan menjalani pelatihan selama enam bulan ke depan di lokasi yang tekah disepakati.

Selama berada di dua negara itu, kata dia, semua pemain terpilih akan menjalani program yang ada. Pada tahap awal pemain Indonesia akan dipantau terutama masalah perbedaan iklim.

"Jika mereka mampu menyesuaikan diri maka program pengiriman pemain terbaik junior akan tetap dilakukan," katanya.

Ia menjelaskan pengiriman pemain junior ke Inggris dan Belanda adalah salah satu program untuk pembinaan sepak bola usia dini yang diharapkan muncul nama-nama baru pemain yang mempunyai kualitas baik.

"Program ini juga untuk mengukur kemampuan pemain kita dibandingkan dengan pemain junior dari Inggris dan Belanda. Jika lolos dalam enam bulan pertama maka kesempatan berlatih akan diperpanjang," kata Direktur Utama IFA itu.

IFA adalah wadah baru dalam pembinaan dan perkrutan pemain junior Indonesia yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pemain timnas secara berjenjang dan meloloskan Indonesia pada babak final Piala Dunia 2012. (*)

B016/I015/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010