Kami sudah mengidentifikasi berapa tempat untuk pembangunan rumah sakit lapangan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan pemerintah terus melakukan penambahan jumlah tempat tidur perawatan pasien COVID-19 pada sejumlah rumah sakit di Pulau Jawa.

"Perkembangan tempat tidur yang disediakan di Jakarta sebanyak 1.000 tempat tidur, di Wisma Haji terdiri atas sekitar 900 tempat tidur biasa dan 100 ICU bekerja sama dengan Rumah Sakit Pertamina," katanya saat menyampaikan keterangan secara virtual yang dipantau dari Jakarta, Jumat.

Kementerian Kesehatan juga menambah jumlah tempat tidur pasien di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) sebanyak 300 unit serta 300 hingga 500 tempat tidur lagi yang sedang ditambah di Rumah Sakit Pertamina Jakarta.

"Jadi total mungkin ada persediaan hampir 2.000 tempat tidur tambahan yang sedang dipersiapkan untuk pasien dengan kategori sedang," katanya.

Budi mengatakan Kementerian Kesehatan bersama Tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mengunjungi Bandung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah untuk memastikan persediaan tempat tidur perawatan pasien COVID-19.

"Kami sudah mengidentifikasi berapa tempat untuk pembangunan rumah sakit lapangan yang memberikan tambahan tempat tidur kalau memang diperlukan," ujarnya.

Tim gabungan tersebut juga melakukan kegiatan yang sama Surabaya untuk mengidentifikasi potensi kalau diperlukan adanya tambahan tempat tidur.

Baca juga: Jubir Menko: Pemda diminta percepat konversi tempat tidur rumah sakit

Baca juga: Wisma Atlet siapkan 10 ribu tempat tidur untuk antisipasi kasus baru

Baca juga: Bobby Nasution minta rumah sakit tambah tempat tidur pasien COVID

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021