Suzuka, Jepang (ANTARA News) - Kualifikasi untuk F1 Grand Prix Jepang ditunda hingga Minggu pagi setelah hujan deras mendera sirkuit Suzuka pada Sabtu.

Lintasan yang basah pada sesi latihan pagi menyebabkan hanya dua pebalap yang mencatat waktu lap dalam sesi 60 menit tersebut.

Kualifikasi ditunda dari pukul 14:00 waktu setempat (0500 GMT) sebanyak tiga kali dan akhirnya dibatalkan pada hari tersebut pukul 15:18 waktu setempat.

Pebalap Toro Rosso Jaime Alguersuari memimpin sesi latihan Sabtu, tetapi pebalap asal Spanyol itu 24 detik lebih lambat dibanding catatan waktu lap terbaik yang dihasilkan Sebastian Vettel dari Red Bull Racing saat kering, Jumat.

Timo Glock dari Virgin Racing adalah satu-satunya pebalap lain yang berhasil mencatat waktu lap dalam kondisi berbahaya tersebut.

Air mengalir seperti sungai melintasi sirkuit pada Turn 1, sementara genangan sedalam satu inci pada tipuan terakhir di Turn 17, menyebabkan banyak pebalap melintir.

Hujan semakin deras tidak lama setelah sesi latihan Sabtu berakhir. Laporan cuaca di kawasan tersebut pada Jumat malam mengindikasikan bahwa curah hujan mendekati 90mm (3,5 inci) kemungkinan turun di Suzuka selama 24 jam.

Total curah hujan 26mm tercatat selama tiga jam sejak siang hingga pukul 15:00 waktu setempat.

Kualifikasi di Suzuka terakhir kali ditunda pada 2004, ketika badai Ma-On memaksa semua aksi di lintasan pada Sabtu ditinggalkan. Kualifikasi dan balapan keduanya dilaksanakan pada Minggu, dengan Michael Schumacher keluar sebagai juara dari posisi pole untuk Ferrari.(*)

AFP/F005/T009

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010