Tujuh pemuda hilang di Pegunungan Golo Lusang ditemukan selamat

Tujuh pemuda hilang di Pegunungan Golo Lusang ditemukan selamat

Tim SAR gabungan berhasil menyelamatkan tujuh orang pemuda yang tersesat di kawasan hutan lindung Golo Lusang, Kabupaten Manggarai, Flores , Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (19/7/2021). ANTARA/HO-Basarnas Maumere/am.

para pemuda itu sekitar 1,1 km dari lokasi semula mereka berada
Kupang (ANTARA) - Tujuh pemuda yang hilang saat merayakan hari ulang tahun di Pegunungan Golo Lusang, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara ditemukan dalam kondisi selamat.

"Tim Basarnas menemukan ketujuh pemuda itu dalam kondisi selamat di kawasan hutan lindung Golo Lusang, Kabupaten Manggarai pada Senin," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, I Putu Sudayana, Senin.

Ketujuh pemuda itu dilaporkan hilang saat hendak merayakan ulang tahun di kawasan hutan lindung Golo Lusang, Minggu (18/7).

Para pemuda tersebut hilang sekitar 131 Km dari Pos SAR Manggarai Barat.

I Putu Sudayana sebagai SMC (Sar Mission Coordinator) mengatakan untuk mencari ketujuh pemuda itu tim SAR dari Pos SAR Manggarai Barat berjumlah empat orang bergerak ke lokasi kejadian untuk membantu pencarian para korban.

Ia mengatakan tim SAR yang yang dilengkapi peralatan SAR Mountenering untu melaksanakan operasi SAR bersama Tim SAR gabungan Manggarai seperti Polres Manggarai 15 orang, Polsek Langke Rembong lima orang, Kodim 1612 Manggarai 10 orang, Koramil Ruteng empat orang, Brimob Ruteng 15 orang, BPBD Ruteng lima orang, serta keluarga dan masyarakat setempat.

Setelah dilakukan pencarian ketujuh pemuda itu berhasil ditemukan tim SAR pada Senin (19/7) pukul 11.30 wita sekitar 1,1 KM dari tempat semula para pemuda itu berkumpul,

"Ketujuh pemuda ini tersesat dalam kawasan hutan lindung Golo Lusang. Tim SAR  menemukan para pemuda itu sekitar 1,1 km dari lokasi semula mereka berada," tegas I Putu Sudayana.

Setelah ditemukan kata dia, ketujuh pemuda langsung dibawa ke Pos jaga BKSDA Kabupaten Manggarai dan diserahkan kepada keluarga yang telah menunggu kedatangan mereka.

"Kondisi Ketujuh pemuda dalam keadaan selamat hanya saja kondisi badan mereka cukup lemas saat ditemukan oleh Tim SAR gabungan," kata I Putu Sudayana.

Dia mengatakan, operasi SAR untuk mencari ketujuh pemuda di Kabupaten Manggarai, Pulau Flores itu dilakukan dengan sukses karena kerja keras dari semua potensi SAR di daerah itu yang ikut melakukan pencarian terhadap para korban.

"Berkat koordinasi dan sinergi yang hebat antara tim SAR gabungan sehingga operasi pencarian membuahkan hasil dimana ketujuh pemuda tersebut ditemukan dalam keadaan selamat," kata I Putu Sudayana.

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Icip-icip Kompiang, camilan khas Manggarai NTT

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar