BUMN Hadir

"Mari Ber-Qurban di Tanah Timor NTT" salurkan kurban di masjid pelosok

"Mari Ber-Qurban di Tanah Timor NTT" salurkan kurban di masjid pelosok

Perwakilan BUMN PT Pos Indonesia melalui Kantor Pos Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur berpose bersama umat Muslim di Masjid Al-Istihad, Kecamatan Fautmolo, saat menyalurkan seekor sapi kurban Idul Adha 1442 Hijriah di masjid itu. (FOTO ANTARA/HO-Kantor Pos Soe)

Lokasi masjid terjauh adalah Masjid Nurul Mubin Wini di Kecamatan Insana Utara,Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang berbatasan langsung dengan Timor Leste
Kupang (ANTARA) - BUMN PT Pos Indonesia melalui Kantor Pos Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur menyalurkan secara langsung empat ekor hewan kurban sapi di empat masjid di daerah pelosok di kabupaten itu, yang jarang mendapatkan daging kurban saat Idul Adha 1442 Hijriah.

Ketua Panitia Kurban Kantor Pos Soe Kabupaten  TTS Shabrina Nora Zhafirah kepada ANTARA saat dihubungi dari Kupang, Selasa sore mengatakan bahwa penyaluran hewan kurban ke masjid-masjid di daerah pelosok itu sudah dilakukan untuk ketiga kalinya melalui Program "Mari Ber-Qurban di Tanah Timor NTT Bersama Kantor Pos SoE".

"Ini sudah tahun ketiga kami salurkan hewan kurban ke masjid-masjid di pelosok. Tahun-tahun sebelumnya penyembelihannya di halaman kantor pos, tetapi tahun 2021 ini untuk mencegah kerumunan, maka kami hadir langsung dan menyerahkannya di masjid-masjid itu," katanya.

Empat masjid yang menjadi lokasi penyaluran hewan kurban itu adalah Masjid Al-Istihad di Kecamatan Fautmolo, Labupaten TTS, Masjid Agung Al-Ikhlas, Masjid Al-Qadar, dan yang terakhir adalah Masjid Nurul Mubin Wini di Kecamatan Insana Utara,Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

 
Perwakilan BUMN PT Pos Indonesia melalui Kantor Pos Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur berpose bersama umat Muslim di masjid pelosok setempat  saat menyalurkan seekor sapi kurban Idul Adha 1442 Hijriah. (FOTO ANTARA/HO-Kantor Pos Soe)


Ia menjelaskan bahwa alasan Kantor Pos Soe menyalurkan hewan kurban ke sejumlah masjid di daerah pelosok karena selama ini daerah-daerah pelosok jarang sekali mendapatkan daging kurban seperti di daerah-daerah perkotaan yang kelimpahan daging kurban.

Selain itu, kesadaran masyarakat untuk berkurban juga sangat minim sehingga berdampak pada minimnya umat Muslim di pelosok yang mendapatkan daging kurban.

 
Program "Mari Ber-Qurban di Tanah Timor NTT Bersama Kantor Pos SoE" dilakukan BUMN PT Pos Indonesia melalui Kantor Pos Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur mengajak untuk membantu hewan kurban Idul Adha 1442 H untuk masjid di pelosok. (FOTO ANTARA/HO-Kantor Pos Soe)


Hewan kurban yang diperoleh  tersebut, kata Fira -- panggilan karib Shabrina Nora Zhafirah -- juga didapat dari sumbangan sejumlah pendonor dari beberapa daerah di Pulau Jawa, Sulawesi, Bali, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Bogor, Purbalingga (Jateng), dari Bali, Sumbawa (NTB), Manado (sulut) dan dari sejumlah daerah lainnya.

Kehadiran salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di daerah pelosok itu, kata dia, juga bagian dari representasi negara untuk menunjukkan bahwa negara tetap memberikan perhatian kepada masyarakat di pelosok negeri.

Ia pun menceritakan bahwa dalam proses pengantaran hewan kurban panitia kurban Idul Adha harus melewati sejumlah jalan yang tidak beraspal dan berlubang-lubang.

Tidak hanya itu, panitia kurban juga terpaksa melewati salah satu kali atau sungai yang tidak memiliki jembatan dan panjangnya bisa mencapai dua kilometer.

"Lokasi masjid terjauh adalah Masjid Nurul Mubin Wini di Kecamatan Insana Utara,Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang berbatasan langsung dengan Timor Leste," katanya.

Ke depan, melalui program itu diharapkan kesadaran masyarakat yang berkurban melalui Kantor Pos Soe akan lebih banyak dan meningkat sehingga sasaran kurban di NTT, khususnya di wilayah-wilayah pelosok dapat lebih merata, demikian Shabrina Nora Zhafirah.
 

Hewan kurban Kantor Pos Soe



Baca juga: Kota Kupang-NTT izinkan penyembelihan hewan kurban di area masjid

Baca juga: Wakil Gubernur NTT serahkan hewan kurban bantuan presiden

Baca juga: Pengiriman ternak dari NTT sesuai protokol kesehatan COVID--19

Baca juga: Laznas Baitulmaal Muamalat distribusikan kurban ke NTT


 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar