Waykanan, Lampung (ANTARA News) - Pasokan sejumlah kebutuhan pokok, terutama sayur-mayur, ke Kabupaten Waykanan, Lampung, masih kurang lancar akibat cuaca ekstrem, sehingga harganya mulai naik.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Pasar Pemda Waykanan, Blambanganumpu, Minggu, kenaikan harga tertinggi terjadi pada seledri, yakni dari Rp12 ribu/kg menjadi Rp30 ribu/kg, kemudian bawang merah dari Rp14 ribu/kg menjadi Rp20 ribu/kg.

Harga cabai merah naik menjadi Rp20 ribu/kg dari Rp15 ribu/kg serta kemiri Rp 24 ribu/kg dari Rp 20 ribu/kg.

Harga ikan juga naik, seperti ikan bandeng dari Rp17 ribu/kg menjadi Rp20 ribu/kg, ikan lele dari Rp20 ribu/kg menjadi Rp22 ribu/kg serta harga beras naik tipis dari Rp6.500/kg menjadi Rp6.600/kg.

"Harga seledri naik tinggi karena komoditas itu terkena banjir sehingga jadi langka. Begitu juga dengan cabai merah dan bawang merah," ujar pedagang di pasar tersebut, Verawati (36).

Senada dengan Vera, pedagang ikan, Jumari (40) mengatakan, kenaikan harga ikan bandeng dipengaruhi faktor cuaca yang kurang baik.

"Nelayan yang biasa menjual ikan tangkapan pada saya semakin berkurang karena jarang melaut akibat gelombang tinggi, jadi harga ikan bandeng naik. Begitu juga dengan ikan lele nyang harganya naik," katanya.

Meski demikian, beberapa komoditas ikan tawar mengalami kestabilan harga, di antaranya ikan patin Rp13 ribu/kg, ikan mas Rp20 ribu/kg.

Pedagang lain, Juriyah (49) mengatakan kestabilan harga juga terjadi pada komoditas lain, cabai rawit Rp20 ribu/kg, cabai hijau Rp14 ribu/kg, dan bawang putih Rp24 ribu/kg.

"Harga merica juga masih seperti minggu kemarin, yakni Rp80 ribu/kg; lalu tomat juga tetap yakni Rp5 ribu/kg; wortel, ketimun, terong dan kol Rp4 ribu/kg; kentang Rp6 ribu/kg; daun bayam dan kangkung Rp1.000/ikat; daun bawang Rp12 ribu /kg; tauge Rp10 ribu; labu siam Rp2 ribu/kg dan daun singkong per 3 ikat Rp2 ribu," katanya.

Kemudian telur ayam kampung Rp60 ribu/karpet, ayam petelur Rp27 ribu/karpet dan telur bebek Rp47 ribu/karpet. Adapun untuk komoditas gandum, minyak goreng dan gula pasir juga tetap stabil, harga masing-masing komoditas tersebut ialah Rp11 ribu/kg.

Harga daging sapi tetap bertahan seperti pekan sebelumnya, yakni Rp70 ribu/kg.

Penurunan harga kebutuhan pokok di pasar Pemda Waykanan hanya terjadi pada daging ayam, yakni Rp25 ribu/kg, harga komoditas peternakan itu sebelumnya ialah Rp30 ribu/kg.((*)
(ANT-247/H009/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010