Makkah (ANTARA News) - Kiswah sebagai pelindung Kabah dari sengatan matahari pada Minggu malam atau 09.30 waktu Arab Saudi (WAS) diangkat bagian bawahnya dan bagian yang digulung dilapisi kain putih.

Prosesi pengangkatan kiswah dilakukan sekira 20 personel yang semuanya mengenakan baju gamis, bersorban dan mendapat kawalan ketat askar yang bertugas di kompleks Masjidil Haram.

Para petugas yang mengangkat kiswah tersebut menggunakan tangga lipat hidrolik. Mereka ini bekerja sekitar dua jam. Setelah kiswah dilipat, pada bagian atas diikat menggunakan jarum besar.

Selama proses pengangkatan kiswah itu, para jamaah dilarang mendekati Kabah, bahkan untuk mencium Hajar Aswad pun dilarang.

Sekitar tiga meter dari dinding Kabah, petugas memasang pagar plastik, sehingga tak satu pun jamaah dapat mendekati dinding Kabah, termasuk ke kawasan Hijir Ismail.

Ketika pekerjaan mengangkat Kiswah itu selesai, maka jamaah haji yang sedang thawaf pun berhamburan mendekati dinding Kabah. Jamaah haji dari berbagai belahan dunia kembali berebutan untuk mencium Hajar Aswad.
(T.E001/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010