Padang (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatra Barat dan LSM dari Bali menyewa satu unit kapal untuk ditempatkan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, sebagai transportasi lokal guna memperlancar bantuan kamanusiaan pascagempa 7,2 SR disertai tsunami di daerah kepulauan itu.

"Kapal tersebut akan dioperasikan selama seminggu untuk mengunjungi tempat-tempat dan rumah penduduk yang belum mendapatkan bantuan kemanusian dan evakuasi," kata Wakil Ketua Bidang Pengembangan Organisasi PMI Sumbar Firman Hasan di Padang, Kamis.

Menurut Firman, kapal tersebut itu diharapkan bisa menjangkau lokasi-lokasi evakuasi dengan lincah sehingga bantuan dalam masa tanggap darurat bisa segera dilakukan.

Untuk operasional berikutnya, katanya, PMI Sumbar juga berencana mencari kapal-kapal yang lebih besar lagi untuk disewa sepenuhnya sehingga bantuan yang diberikan akan bisa lebih banyak lagi.

"Kendaraan laut tersebut dibutuhkan untuk mendukung operasional di Kepulauan Mentawai terkait antar kecamatan yang satu dengan yang lainnya berupa pulau-pulau di kelilingi laut, sehingga hanya bisa didatangi dengan transportasi laut," katanya.

Ia mengatakan, operasional PMI bisa bergerak otonom, namun tetap berkoordinasi dengan pengendali Posko penanggulangan bencana Mentawai.(*)

F011/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010