Hanoi (ANTARA News) - Perdana Menteri India Manmohan Singh menyatakan berduka cita atas bencana gempa bumi yang disusul tsunami di Mentawai, Sumatera Barat, dan letusan Gunung Merapi di Yogyakarta.

"Saya sangat bersedih tentang hilangnya banyak nyawa di Indonesia," kata Manmohan Singh dalam pembukaan pertemuan puncak ASEAN dan India, dalam rangkaian acara KTT ke-17 ASEAN di Hanoi, Vietnam, Sabtu.

Manmohan Singh berharap kondisi di Indonesia segera pulih, dan pemerintah Indonesia bisa menyelesaikan langkah tanggap darurat sesuai target.

Pada kesempatan yang sama, Manmohan Singh juga menyatakan kesedihan atas musibah banjir yang melanda Vietnam, beberapa waktu sebelum KTT ke-17 ASEAN diselenggarakan.

"Saya harap masyarkat Indonesia dan Vietnam akan segera pulih dari bencana yang menimpa," katanya.

Manmohan Singh menyampaikan hal itu pada bagian awal sambutan, sebelum dia mulai mengulas substansi pertemuan puncak antara negara-negara di Asia Tenggara dan PBB itu.

Pernyataan duka cita itu disampaikan di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sembilan pimpinan negara-negara anggota ASEAN lainnya.

Pertemuan puncak ASEAN-India itu dihadiri para pemimpin negara-negara anggota ASEAN dan Perdana Menteri India. Acara itu akan digelar di National Convention Center, Hanoi, Vietnam, pada pukul 09.00 waktu Hanoi, dan berlangsung selama satu jam.Tidak ada perbedaan waktu antara Hanoi dan Jakarta.
(F008/s018)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010