Padang (ANTARA News) - Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengirim tiga kapal jenis Hiu Macan untuk membantu pendistribusian logistik bagi korban tsunami di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Pendistribusian dilakukan dari Sikakap ke dusun-dusun yang sulit dijangkau karena terhalang cuaca buruk, kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumbar, Yosmeri, di Padang, Rabu.

"Ketiga kapal tersebut, kini dijadwalkan berangkat dari Pontianak sebanyak dua kapal dan satu kapal dari Belawan, Medan, dengan jenis Hiu Macan 01,03 dan 09," katanya.

Ketiga Hiu Macam yang dikirimkan tersebut memang tidak membawa bantuan berupa logistik atau relawan melainkan hanya membantu mendistribusikan bantuan kemanusian.

Kapal tersebut, katanya, akan sampai di Mentawai pada Kamis(4/11) dan segera mengangkut bantuan dan relawan dari Sikakap serta mendistribusikannya ke korban yang masih hidup pada empat kecamatan yang luluh lantak diguncang gempa yang diiringi tsunami itu.

Sementara itu, kata Yosmeri, Mentri KKP Fadel Muhammad pada hari yang sama mengunjungi Sikakap dan beberapa dusun yang terkena tsunami.

Dalam kunjungan tersebut, katanya, Fadel akan melihat kondisi dari masyarakat Mentawai serta kondisi kegiatan perikanan dan kelautan di kabupaten kepulauan itu pascagempa.

Pascagempa Mentawai, kata Yosmeri, hampir 60 persen masyarakat Mentawai yang berprofesi nelayan tidak lagi melaut terkait banyaknya peralatan tangkap ikan yang mereka miliki rusak dihantam tsunami.
(ANT/A024)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010