Kalau dengan BPLDH itu terkait pemeliharaan lingkungan
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Doddy Widodo menyampaikan bahwa Kemenperin berupaya menjembatani industri baik industri besar maupun Industri Kecil Menengah (IKM) untuk tumbuh sejalan dengan penataan lingkungan.

"Prinsipnya kami mendorong industri tumbuh yang sejalan dengan penataan lingkungan yang baik," kata Doddy saat mewakili Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menghadiri Dialog Menteri dengan Mitra Pembangunan dan Masyarakat secara virtual, Kamis.

Pada kesempatan tersebut, Doddy juga mengajak pelaku IKM untuk memanfaatkan fasilitas pengembangan usaha yang ada di Kemenperin, di antaranya klinik kemasan, restrukturisasi mesin, hingga pembuatan hak kekayaan intelektual merek.

Selain itu Kemenperin juga berkolaborasi dengan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPLDH) untuk pembiayaan industri yang berkaitan dengan tata lingkungan.

Baca juga: Pakar: industri berbasis digital-ramah lingkungan bakal diunggulkan

"Kalau dengan BPLDH itu terkait pemeliharaan lingkungan. Kami juga memfasilitasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah agar IKM mendapat pembiayaan untuk mengembangkan usahanya," ujar Doddy.

Untuk produk yang berorientasi ekspor, Doddy mengatakan ada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk mempermudah pelaku industri mengekspor produk mereka.

Menanggapi salah seorang penanya dalam forum itu, Doddy mengatakan bahwa produk kopi menjadi salah satu andalan Kemenperin untuk diekspor dan mengikuti sejumlah pameran di luar negeri.

"Kami bawa Kopi Aceh Gayo, Toraja, Flores, untuk pameran ke Irlandia, hingga Perancis. Kami juga memberi pelatihan barista di dalam negeri. Jadi, kami memberi dukungan," ungkap Doddy.

Baca juga: Kemenperin ciptakan teknologi pemantau lingkungan industri

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021