Pagaralam (ANTARA News) - Pemerintah Kota Pagaralam, Sumatra Selatan mulai menyiagakan upaya penanggulangan bencana bila Gunung Api Dempo meletus atau terjadi erupsi mendadak, seperti tim medis, petugas evakuasi, kendaraan dan termasuk logistik bagi pengungsi.

"Kita sudah bentuk koordinator dan tim khusus penanggulangan bencana gunung Merapi meletus dengan melibatkan seluruh perangkat daerah, dan elemen masyarakat," kata Kepala Badan Kisbangpol dan PBA Kota Pagaralam, Yapani Rachim, Minggu

Ia mengatakan, masing-masing instansi mulai dari lurah dilibatkan dalam komando siaga bencana. "Kita sudah siapkan bidang kesehatan yaitu dokter, tiga mobil ambulan, petugas medis dan obat-obatan lainnya," katanya.

Sedangkan untuk evakuasi, semua kendaraan pemerintah sudah disiagakan seperti bus, truk dan kendaraan dinas lainnya."Sedangkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) menyiapkan sejumlah alat berat seperti ekskavator, bloder, traktor dan alat berat lainnya serta menyiapkan MCK di lokasi pengungsian," ungkapnya.

Ia menambahkan selain dari unsur pemerintah juga sudah dibentuk tim pemantau dari masyarakat yang beranggotakan 12 unsur. "Tim ini bukan hanya akan menjadi mitra pemerintah dalam upaya penanggulangan bencana gunung meletus, tapi termasuk pemberian informasi tercepat bila bencana terjadi," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Tim Penanggulangan Dini Bencana Alam, Amrin Sening, mengatakan semua harus siaga termasuk menyiapkan jumlah personel yang dibutuhkan berikut jenis peralatan yang harus disiapkan bila kondisi darurat terjadi.

"Penanganan bencana bukan tanggungjawab pemerintah saja, tetapi merupakan tanggung jawab bersama termasuk perusahaan yang ada di wilayah Pagaralam. Selain itu juga, kita meminta kepada seluruh elemen masyarakat dan pemerintah mulai dari lurah, camat beserta perangkat dusun, untuk mengaktifkan posko bencana," ungkapnya.
(T.ANT-127/S004/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010