Jakarta (ANTARA News) - Tim Indonesia-1 akan menantang Malaysia di final cabang sepak bola ASEAN Primary School Sport Olympiad (APSSO) IV/2010 setelah memenangi pertandingan semifinal di Lapangan B Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu.

Indonesia-1 lolos ke final setelah menyisihkan Vietnam dengan skor telak 4-1, sedangkan Malaysia menjegal Indonesia-3 dengan skor tipis 1-0.

Gol-gol Indonesia satu pada pertandingan yang dipimpin wasit Ferry itu dipersembahkan oleh Jalil Aksan (menit ke-5 dan 23) dan Kardi pada menit ke-27 dan 34 sedangkan gol balasan Vietnam diciptakan Le Tran Anh menit ke-30.

Sementara satu-satunya gol Malaysia ke gawang tim Indonesia-3 dicetak Mohammad Hafizudin pada menit ke-34. Dengan demikian Malaysia berhasil mencegah terjadinya "all Indonesian final" di cabang bergengsi ini.

Tim Malaysia bermain penuh semangat sehingga membuat pemain-pemain Indonesia-3 tertekan. Pergerakan Mohammad Faizal yang bertubuh kecil tampak sangat merepotkan Tegar Infrantri dan kawan-kawan.

Gol yang diciptakan Mohammad Hafizudin tercipta melalui tendangan jarak jauh menyilang ke sudut kanan gawang yang tak terjangkau kiper Indonesia-3 Ibnu Khamdan Riyadi. Gol tersebut sontak menyengat semangat tim negeri jiran.

Pada pertandingan kedua yang dipimpin wasit Junaedi, tim Indonesia-1 memperlihatkan keunggulan baik di segi teknik maupun postur tubuh dari para pemain Vietnam. Berulangkali gawang lawan yang dikawal Nguyen Phinh Hien terancam.

Dua gol masing-masing yang diciptakan Jalil Aksan dan Kardi mengantarkan kedua pemain membukukan lima gol dari seluruh pertandingan yang telah dimainkan. Namun untuk memperebutkan gelar pencetak gol terbanyak masih harus bersaing dengan pemain Indonesia-3 Irkham Zahrul Mila yang masih memimpin sendirian dengan enam gol.

Pertandingan final Indonesia-1 melawan Malaysia akan digelar di tempat yang sama pada Senin (8/11) petang setelah perebutan tempat ketiga antara tim Indonesia-3 melawan Vietnam.

Sedangkan pagi harinya akan digelar pertandingan-pertandingan untuk menentukan peringkat akhir dari empat tim yang gagal ke babak "empat besar" yakni tim Indonesia-2, Thailand, Singapura dan Filipina.(*)
(ANT-132/R007/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010