Jakarta (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan melakukan kunjungan ke Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu pagi. Menjelang kedatangan presiden ke-44 AS itu pengamanan di sekitar masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut diperketat.

Para tamu undangan dan wartawan memasuki halaman Masjid melalui pintu masuk di Medan Merdeka Timur.

Sebelum memasuki kawasan Masjid dilakukan pemeriksaan identitas guna memastikan nama yang bersangkutan tercantum dalam daftar hadir.

Selain dilakukan pemeriksaan barang melalui pemindai elektronik, barang-barang para tamu undangan termasuk kamera dan komputer jinjing juga diperiksa secara manual oleh pasukan pengamanan presiden AS.

Para tamu undangan yang rata-rata telah tiba di lingkungan Masjid sekitar satu hingga dua jam sebelum acara dipersilakan menunggu di ruang-ruang tunggu khusus dengan penjagaan petugas dari Kedutaan Besar AS dan pasukan pengamanan presiden AS.

Ketatnya pengamanan tidak memungkinkan para tamu yang telah berada di lingkungan Masjid untuk berkeliaran tanpa izin dan pemandu.

Presiden Obama dan istrinya, Michelle Obama dijadwalkan tiba di halaman Masjid sekitar pukul 08.30an kemudian diterima oleh Imam Masjid Istiqlal KH Ali Mustafa Yaqub MA di Ruang VIP melalui pintu Al Malik yang menghadap Stasiun Juanda.

Obama kemudian akan mendengarkan penjelasan mengenai sejarah Masjid dan diperlihatkan sejumlah lokasi di sekitar Masjid, antara lain tempat maket Masjid, bedug serta Menara Masjid guna melihat keseluruhan bangunan Masjid.
(G003/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010