Dubes Esti Andyani kukuhkan Paskibra KBRI Roma

Dubes Esti Andyani kukuhkan Paskibra KBRI Roma

Duta Besar RI untuk Italia Esti Andayani (kiri) saat mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) KBRI Roma. (ANTARA/Dokumentasi KBRI Roma)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, mengukuhkan 4 (empat) orang anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Wisma Duta Kedutaan Besar RI (KBRI) Roma pada Jumat (13/8).

Acara pengukuhan Paskibra itu dihadiri oleh orang tua anggota Paskibra, seluruh Staff KBRI Roma, dan pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Roma, menurut keterangan KBRI Roma yang diterima di Jakarta, Minggu.

Keempat anggota Paskibra KBRI Roma tersebut adalah: Daniswara Zayna Windriyani Waskito, Ahmad Rizqi Al Zidan, Felice Irwanda, dan Emanuele Eugenio Wehantouw.

Keempatnya telah menjalani pemusatan latihan di bawah bimbingan pelatih Paskibra KBRI Roma, Mayor (Sus) Isran Anshorim, Asisten Atase Pertahanan RI Roma.

Mereka akan bertugas pada upacara bendera Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI pada Selasa, 17 Agustus 2021, di KBRI Roma.

Dalam acara pengukuhan, Zayna Waskito yang memimpin upacara pengukuhan, dan ketiga anggota Paskibra lainnya telah mengucapkan "Ikrar Putra Indonesia" yang berisi janji untuk menerima dan menjaga kehormatan Paskibra "Dharma Mulia Putra Indonesia".

Setelah pengucapan ikrar tersebut, Dubes Esti Andyani secara resmi mengukuhkan Paskibra KBRI Roma tahun 2021.

"Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa, Tuhan Yang Maha Esa, Saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pengibar bendera sang saka Merah Putih pada upacara bendera di KBRI Roma, tanggal 17 Agustus 2021", tegas Dubes Esti saat mengukuhkan Paskibra.

Selanjutnya Dubes Esti secara simbolis menyematkan pin merah putih dan kendit kecakapan Paskibra kepada pemimpin upacara.

Menutup acara pengukuhan, seluruh peserta upacara menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada para anggota Paskibra yang didampingi keluarga masing-masing.

Selama upacara pengukuhan, protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19 tetap diberlakukan.

Kegiatan itu juga disiarkan secara "live streaming" di kanal YouTube KBRI Roma.

Mempertimbangkan protokol kesehatan dan sebagai bentuk upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19, anggota paskibra KBRI Roma tahun 2021 hanya berjumlah empat orang, berkurang dari enam pada tahun-tahun sebelumnya.

Keempat anggota Paskibra KBRI Roma tersebut telah melalui seleksi dan mulai berlatih pada pertengahan Juli 2021.

Baca juga: Selenggarakan "Ceria Merdeka", KBRI Roma peringati Hari Anak Nasional
Baca juga: KBRI Roma perkuat diplomasi Bahasa Indonesia di Italia

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Partisipasi Indonesia di Waiwai World Fair Jepang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar