Jakarta (ANTARA News) - Film pendek berjudul "Mane`e", sebuah tradisi tangkap ikan dengan mantra, karya siswa SMP 1 Manado, meraih juara pertama Kompetisi "Kid Witness News 2010", yang diselenggarakan oleh Panasonic Gobel Indonesia.

Guru Bahasa Indonesia SMP 1 Manado sekaligus pembimbing, Grace Lowing, MPd, di Jakarta, Rabu, mengungkapkan bahwa ide cerita berasal dari naskah lomba cipta cerpen.

Mane`e merupakan tradisi menangkap ikan dengan menggunakan ritual dan upacara adat di Pulau Intata, Kecamatan Nanusa, Kepulauan Talaut, Sulawesi Utara.

"Sebetulnya, sebelum membuat film ini, kami yang tinggal di Manado belum pernah menyaksikan Mane`e secara langsung" ungkapnya.

Setelah sepakat untuk mengangkat ide ini, katanya, pihak sekolah lantas mencari informasi di internet, untuk membuat "storyline".

Ia menjelaskan, produksi film pendek ini dilakukan selama tiga hari, dengan melibatkan tujuh siswa yang duduk di kelas 3.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Bupati Talaut perihal koordinasi dengan tetua adat setempat. Kepala Sekolah dan Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara sangat mendukung kegiatan ini, terutama untuk masalah pendanaan" tuturnya.

Sementara itu, Alysa Leonita Savitri selaku kamerawan dalam tim tersebut, mengaku senang dan bangga atas hasil yang diperoleh.

"Saya senang sekali atas pencapaian ini, karena syutingnya memang sangat melelahkan," ujarnya.

Dalam kompetisi tersebut, peringkat kedua diraih oleh SMP 1 Muntilan dengan judul Kotaku Kota Patung. Sementara posisi ketiga diraih SMP 3 Pontianak yang mengangkat judul Kota Khatulistiwa.

Seperi tahun-tahun sebelumnya, pemenang Kompetisi Kid Witness News 2010 ini akan mewakili Indonesia dalam ajang serupa tingkat Asia Pasifik, tahun 2011 mendatang. (*)

(M-NDW/A041/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010