Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap pelaksanaan Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR-DPD, dan Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka penyampaian RUU tentang APBN 2022 pada Senin, semakin menyolidkan lembaga negara mengatasi pandemi COVID-19.

"Mudah-mudahan sidang tahunan kali ini makin menyolidkan langkah semua lembaga negara untuk mengatasi pandemi COVID-19," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Puan mengatakan, peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI semakin bermakna saat perjuangan bangsa ini melawan pandemi.

Dia mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus menjaga persatuan dan bergotong royong saling membantu sesama yang terdampak COVID-19.

"Dengan semangat persatuan dan gotong royong seluruh masyarakat, kita optimistis bisa mengatasi pandemi ini. Bersatu kita tangguh, bersama kita terus tumbuh," ujarnya.

Baca juga: Sidang Tahunan dan membangun optimisme bangsa
Baca juga: Pengamat harapkan pidato presiden fokus penanganan COVID-19
Baca juga: Parlemen menggelar Pidato Kenegaraan Presiden RI


Dia mengatakan, semangat para pejuang ’45 yang pantang menyerah harus diwarisi anak bangsa saat ini agar menang melawan COVID-19.

Menurut dia, saat ini bangsa Indonesia tidak harus mengangkat senjata seperti pendahulu dalam mengusir penjajah namun cukup menjalankan protokol kesehatan dan ikut vaksinasi untuk mengatasi pandemi.

"DPR bersama pemerintah dan dengan didukung rakyat telah bergotong-royong untuk keluar dari krisis dan bangkit dari masa-masa sulit pandemi COVID-19," katanya.

Dia menilai salah satu peran DPR adalah dengan menyetujui anggaran negara untuk penyelamatan rakyat dari ancaman COVID-19, dari sisi kesehatan, ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Menurut dia, DPR juga akan terus mengawasi penanganan COVID-19 oleh pemerintah agar semua yang dilakukan pemerintah semata-mata ditujukan untuk penyelamatan rakyat dari bencana kesehatan.

Puan mengaku optimis meski tengah dilanda pandemi COVID-19, Indonesia di usianya yang ke-76 tahun harus terus tumbuh menjadi bangsa yang besar, sebagaimana cita-cita pendiri bangsa.

"Ekonomi rakyat harus terus tumbuh. Kualitas masa depan anak-anak tetap dikebut dan kerja pembangunan terus berlanjut," ujarnya.

Puan menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dalam acara kenegaraan tahunan ini, Puan bersama pimpinan lembaga negara yang lain akan mendengarkan laporan kinerja pemerintah lewat Pidato Kenegaraan Presiden.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021