Lagos (ANTARA News/Reuters) - Para gerilyawan di Delta Niger selatan Nigeria, Jumat menyiarkan rincian dari tujuh sandera asing termasuk dua warga Negara Indonesia (WNI) dari sebuah daerah pengeboran minyak pekan ini, mengatakan kesehatan baik tetapi mereka untuk sementara ditahan.

Gerakan untuk Emansipasi Delta Niger (MEND) mengkonfirmsikan mereka menahan dua warga Amerika Serikat, dua Indonesia, dua Prancis dan seorang Kanada yang diciduk dari satu lokasi pengeboran minyak lepas pantai yang dioperasikan oleh perusahaan Afren, Ahad.

"Penculikan tujuh warga asing dari lapangan minyak Okoro di negara bagian Akwa Ibom untuk mencegah pemerintah Nigeria melancarkan serangan failitas ini," kata MEND dalam satu pernyataan email.

"Ketujuh orang itu semuanya berada dalam keadaan kesehatan yang baik dan akan berada dalam tahanan kami untuk sementara," katanya.

Pernyataan itu mengatakan dua warga Amerika Serikat dan seorang Prancis adalah karyawan dari Transocean yang berpusat di Swiss, seorang warga Prancis lainnya bekerja di perusahaan Sodexo Prancis, dua warga Indonesia karyawan Centrury Energy Ltd dan warga Kanada bekerja pada perusahaan lokal Petroleum Project International (PPI).(*)
(Uu.H-RN/B002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010