Jakarta (ANTARA) - Instagram berencana untuk menghentikan fitur Swipe Up yang memungkinkan pengguna untuk berkunjung ke halaman web eksternal dengan cara menggulir ke atas tampilan Stories mulai 30 Agustus.

Melansir laporan The Verge, Selasa, Instagram akan mengganti fungsi Swipe Up dengan fitur stiker yang berisi tautan alamat link. Nantinya, stiker di dalam Stories dapat diketuk dan membawa pengguna ke situs web eksternal.

Perusahaan mengatakan langkah ini diambil untuk merampingkan pengalaman saat pengguna membuat Stories sekaligus menawarkan lebih banyak opsi serta kontrol kreatif karena tampilan stiker memiliki format yang lebih menarik.

Keputusan untuk pembaruan fitur didasarkan pada uji coba yang telah dimulai Instagram pada bulan Juni lalu. Menurut Instagram, uji coba dilakukan kepada berbagai jenis pengguna, tidak hanya untuk orang yang sudah memiliki hak fitur Swipe Up.

Pada saat uji coba, mantan kepala produk Instagram Vishal Shah mengatakan kepada The Verge bahwa fitur stiker lebih cocok untuk pengguna di platform saat ini.

Perbedaan mencolok antara kedua fitur tersebut adalah pemirsa dapat menanggapi Stories kreator lain yang memiliki stiker tautan, sementara pada Swipe Up pemirsa tidak dapat melakukan hal seperti itu.

Menurut Instagram, saat ini fitur stiker yang berisi tautan hanya tersedia untuk pengguna yang memiliki hak Swipe Up, yakni pengguna harus terverifikasi atau memiliki setidaknya 10.000 pengikut untuk mendapatkan akses fitur tersebut.

Meski demikian, Instagram mengatakan perusahaan masih mengevaluasi efektivitas fitur untuk meluncurkannya ke lebih banyak pengguna.

“Pembaruan ini akan membantu kami untuk menentukan, apakah ini adalah keputusan yang tepat sebelum memperluas akses ke lebih banyak orang," kata juru bicara Instagram.

Baca juga: Demi suarakan nasib perempuan Afghanistan, Angelina Jolie gabung IG

Baca juga: Instagram luncurkan fitur "Limits" cegah ujaran kebencian

Baca juga: Instagram ingin tambah iklan di tab Shop


Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021