Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pangan, Perum Bulog mencatat total penjualan bahan pangan secara daring hingga Juli 2021 untuk wilayah DKI Jakarta melalui platform Shopee iPangananDotCom mencapai Rp9,34 miliar.

Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita merinci penjualan bahan pangan di DKI Jakarta menyumbang 78 persen dari keseluruhan penjualan yang dilakukan Bulog secara daring di 7 kota di Indonesia yang sebesar Rp12 miliar pada tahun ini.

"Penjualan dari DKI Jakarta adalah yang terbesar dari kota-kota lainnya karena kebutuhan masyarakat akan konsumsi pangan di masa pandemi," kata Febby di Jakarta, Selasa.

Adapun penjualan bahan pangan di DKI Jakarta secara rata-rata adalah sebesar Rp1,34 miliar per bulan pada 2021. Jumlah ini meningkat dibandingkan penjualan rata-rata tahun lalu, yakni Rp1,1 miliar per bulan.

Menurut Febby, penjualan bahan pangan selama pandemi meningkat karena kebutuhan konsumsi, serta sistem pemesanan yang semakin mudah lewat platform Shopee di akun iPangananDotCom.

Dengan dibantu teknologi terkini yang cepat, mudah dan efisien, pesanan dikirim ke depan rumah dalam waktu 1x24 jam dengan fasilitas bebas ongkos kirim.

Baca juga: Harga cabai dan tomat di DKI turun 10 persen jelang akhir PPKM
Baca juga: Pemprov DKI: Belum ada lonjakan permintaan pangan selama PPKM


Platform iPanganandotcom merupakan hasil kolaborasi antara Perum Bulog dan StoreSend Indonesia yang diluncurkan sejak 2019.

Kolaborasi ini dilakukan guna mendatangkan digitalisasi pangan yang modern di Tanah Air serta menjadi penyedia "online food community" terbesar di Indonesia.

Saat ini, iPanganandotcom telah hadir di Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar yang dapat diakses melalui Shopee oleh masyarakat.

"IPangananDotcom diharapkan menjadi 'king
​​​​​​​ market'
atau supermal bahan pangan 'online' yang terbesar di seluruh Indonesia sehingga masyarakat mendapatkan bahan pangan dan kebutuhan sehari-hari dengan mudah dan biaya yang murah dalam situasi pandemi seperti saat ini," kata Febby.

IPanganandotcom juga menghadirkan beragam promo menarik di bulan Agustus ini dengan tajuk "2 Tahun Merdeka Ongkir".

Promo ini akan menawarkan bebas ongkir untuk setiap pembelian produk iPanganandotcom di Tangerang, Bogor dan juga Karawang.
Baca juga: Stabilisasi harga, Bulog gelontorkan stok beras-gula di lima pasar DKI
Baca juga: Daging murah didistribusikan ke tiga titik

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021