Belitung (ANTARA News) - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal meresmikan sekolah Laskar Pelangi di Desa Linggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung yang terinspirasi dari novel tetralogi Laskar Pelangi.

"Semoga dengan peresmian sekolah ini bisa lebih mengangkat nama Belitung Timur dan menjadi potensi wisata daerah," kata Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Ahmad Helmy Faisal Zaini, Sabtu, usai peresmian sekolah.

Menteri menambahkan, pengembangan potensi wisata merupakan salah satu upaya untuk mendorong percepatan pembangunan daerah.

"Meskipun Belitung Timur tidak lagi ditetapkan sebagai daerah tertinggal namun pembangunan wilayah harus tetap dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga," katanya.

Dia juga berharap pemerintah daerah setempat bisa terus melakukan berbagai program untuk mendorong percepatan pembangunan daerah.

"Momentum suksesnya novel dan film Laskar Pelangi diharapkan bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk terus menggali potensi yang ada," katanya.

Menteri menambahkan, potensi yang dimiliki Belitong Timur dan sekitarnya pada saat ini adalah pariwisata.

"Pemerintah daerah harus menangkap peluang itu, kembangkan pariwisata dan tingkatkan promosi. Kesuksesan Laskar Pelangi yang telah mengangkat nama Belitung Timur harus dimanfaatkan sebagai bagian dari promosi," katanya.

Sementara itu, peresmian sekolah tersebut merupakan bagian dari festival Laskar Pelangi yang berlangsung selama satu bulan di Desa Linggang, Belitung Timur.

Festival budaya terbesar di Belitung tersebut terinspirasi dari novel tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010