Pekanbaru (ANTARA News) - Orang gila masih banyak ditemukan di sudut-sudut Kota Pekanbaru, walaupun sudah ada tempat penampungan bagi mereka yaitu Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan milik Provinsi Riau.

Dari pantauan ANTARA, Minggu, di sejumlah jalan di Pekanbaru seperti jalan kota Pekanbaru ada sekitar 10 orang gila berkeliaran tak menentu arah dengan pakaian compang camping bahkan ada yang tanpa busana.

Menanggapi persoalan ini, Wakil ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Ade Hartati, meminta Dinas Sosial Kota Pekanbaru segera menertibkan orang gila yang berkeliaran itu.

"Keberadaan orang gila yang tidak pada tempatnya, tentunya ini merusak citra kota Pekanbaru juga. Apalagi jika ini tidak segera diantisipasi maka wajah kota Pekanbaru ini akan menjadi lebih buruk di mata masyarakat khususnya," ujarnya.

Ade mengatakan, yang menjadi masalah adalah mereka tidak bisa diatur karena tidak waras.

Kasi Operasional Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang mengatakan, saat ini Satpol PP dan timnya hanya menunggu arahan Dinas Sosial.

"Jika kami diminta bantuan saat melakukan penertiban maka kami akan siap bantu. Artinya kami menunggu koordinasi dari dinas terkait yang meminta bantuan kami," ujarnya.(*)

KR-IND/H-KWR

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010