Jember (ANTARA News) - Jumlah pendaftar calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mencapai 15.102 orang hingga batas akhir pendaftaran Jumat sore.

Kepala Bidang Pengadaan dan Formasi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jember, Joko Santoso, mengatakan bahwa sebanyak 15.102 pendaftar CPNS terdiri dari tenaga pendidikan sebanyak 8.303, tenaga teknis sebanyak 4.408 orang, dan tenaga kesehatan sebanyak 2.391 orang.

"Banyaknya pelamar CPNS yang mendaftar di Jember karena sejumlah kabupaten tetangga seperti Bondowoso dan Situbondo tidak mendapatkan jatah formasi CPNS," tuturnya.

Pendaftaran CPNS Pemkab Jember untuk tenaga pendidikan di Dinas Pendidikan, tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan, dan tenaga teknis di Gedung Serbaguna Jember. Pendafataran CPNS dibuka sejak 22 November hingga 3 Desember 2010.

Kabupaten Jember mendapat jatah formasi CPNS sebanyak 212 kursi, dengan rincian tenaga pendidikan sebanyak 96 kursi, tenaga kesehatan sebanyak 64 kursi, dan tenaga teknis sebanyak 52 kursi.

"Sebanyak 15.102 pelamar CPNS harus bersaing ketat untuk mendapatkan formasi CPNS Pemkab Jember yang jumlahnya sedikit yakni sebanyak 212 kursi," terangnya.

Joko menegaskan, panitia pendaftaran penerimaan CPNS akan bekerja secara profesional dan tidak berani melakukan hal-hal diluar ketentuan karena panitia melakukan penerimaan sesuai dengan prosedur pelaksanaan CPNS yang benar.

"Kami tidak berani bermain-main dalam penerimaan CPNS di era reformasi dan keterbukaan publik seperti ini, semuanya harus transparan karena banyak pihak yang mengawasi pendaftaran CPNS di Jember," paparnya.

Ia mengimbau kepada peserta CPNS, supaya tidak mudah percaya kepada seseorang yang menawarkan jasa bisa meloloskan pelamar CPNS, dengan membayar sejumlah uang.

"Kalau mau lolos seleksi, peserta CPNS harus rajin belajar dan tidak melakukan hal-hal diluar prosedur. Momentum CPNS sering digunakan sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan pribadi," katanya menambahkan.

Pelaksanaan tes tulis CPNS Pemkab Jember akan dilaksanakan secara serentak pada 12 Desember 2010.

Secara terpisah, Ketua Komisi A DPRD Jember, M. Jufriadi mengatakan, pihaknya akan mengawasi secara ketat pelaksanaan pendaftaran penerimaan CPNS Pemkab Jember.

"Pelaksanaan pendaftaran hingga pengumuman CPNS harus transparan dan tidak boleh ada CPNS titipan sejumlah pejabat tertentu," kata politisi Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

(ANT-070/C004/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010