BIN vaksinasi warga pulau di Batam yang berbatasan dengan Singapura

BIN vaksinasi warga pulau di Batam yang berbatasan dengan Singapura

Binda Kepri menggesa vaksinasi warga penyangga dengan menyambangi pulau-pulau di Kota Batam Kepulauan Riau secara langsung, Rabu. (ANTARA/ HO-Binda Kepri)

khusus masyarakat rentan dilakukan vaksinasi oleh tenaga kesehatan secara 'door to door'
Batam (ANTARA) - Badan Intelijen Negara melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk warga yang tinggal di pulau-pulau di wilayah Kota Batam, Kepulauan Riau yang berbatasan dengan Singapura.

Vaksinasi dipusatkan di Pulau Terong, untuk melayani warga dari pulau-pulau sekitar, di antaranya Pulau Teluk Kangkung, Pulau Teluk Sunti, Pulau Teluk Bakau, Pulau Pekasih, Pulau Geranting dan Pulau Tumbar.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Kepri Brigjen Pol Riza Celvian Gumay di Batam, Rabu, menyatakan timnya sengaja langsung mendatangi rumah-rumah penduduk rentan di Pulau Terong Kecamatan Belakangpadang untuk vaksinasi.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Batam menurun 76,36 persen

"Berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi sebelumnya, khusus masyarakat rentan dilakukan vaksinasi oleh tenaga kesehatan secara 'door to door' sebagai bentuk kehadiran negara dalam melayani masyarakat rentan yang kesulitan untuk mendapat vaksin di tengah pandemi COVID-19 saat ini," kata Kabinda saat meninjau vaksinasi di Pulau Terong.

Pihaknya menyasar 1.181 warga untuk divaksin, yang terdiri dari 880 orang untuk vaksinasi lanjutan dan 301 pelajar untuk dosis pertama dalam vaksinasi yang bekerja sama dengan pihak Kecamatan Belakangpadang, Polsek Belakangpadang, Dinas Kesehatan Kota Batam dan Bea Cukai Kota Batam.

"BIN akan terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi di wilayah Provinsi Kepri karena sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, BIN juga dilibatkan untuk mengejar capaian vaksinasi 100 persen demi terwujudnya 'herd immunity'," kata dia.

Baca juga: Satgas tetapkan Batam dan Bintan Zona Kuning COVID-19

Kegiatan vaksinasi juga disejalankan dengan pembagian sembako kepada masyarakat yang membutuhkan oleh Posko Bantuan Penanganan COVID-19 #BERBAGI yang mengusung "Indonesia Sehat Indonesia Hebat".

Sementara itu, Camat Belakangpadang, Yudi Admaji, mengapresiasi Binda Kepri yang menyambangi pulau penyangga demi membantu masyarakat dan pelajar mendapat vaksin.

"Kami mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih bisa dibantu oleh Binda Kepri karena mengingat kalau masyarakat harus vaksin ke Pulau Batam atau Pulau Belakang Padang membutuhkan biaya, ini juga sebagai bentuk hadirnya negara karena masyarakat pulau juga berhak mendapat fasilitas kesehatan," kata Camat.

Baca juga: Aturan PPKM di Batam diperlonggar

Warga Pulau Terong Hidayu juga menyampaikan terima kasih atas bantuan BIN kepada masyarakat hinterland.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak untuk BIN yang sudah mau datang ke Pulau Terong dan membantu masyarakat untuk mendapat vaksin, alhamdulillah kami masyarakat dari Pulau Terong bisa mendapat pelayananan yang bagus untuk vaksin," kata Hidayu.

Pelajar peserta vaksin, Aidid Alfian juga mengapresiasi BIN yang membantu masyarakat penyangga, karena warga sulit menjangkau pulau utama untuk divaksin.

"Terima kasih kepada BIN yang telah menyelenggarakan vaksinasi untuk pelajar di Pulau Terong yang lokasinya cukup jauh dari Batam, diharapkan ke depannya pemerintah semakin memperhatikan pelajar di pulau-pulau," kata siswa kelas 10 SMAN 13 Pulau Terong.

Baca juga: Pulau penyangga di Batam kembali nihil kasus COVID-19
 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar