Bogor (ANTARA News) - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa di Bogor, Jawa Barat, Minggu, mengatakan, Indonesia memiliki potensi besar dan prospek yang cerah untuk tampil sebagai kekuatan baru perekonomian dunia.

"Kita memiliki modal yang besar untuk tampil menjadi kekuatan baru perekonomian dunia," kata Hatta Raja di sela-sela mengikuti diskusi panel Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) di IPB International Convention Center (IICC) Kota Bogor.

Diskusi panel tersebut mengangkat tema "Membangun Peradaban Indonesia yang Madani melalui Pembangunan Ekonomi Berkeadilan" dan merupakan rangkaian Muktamar V ICMI.

Muktamar V ICMI dilangsungkan di Kota Bogor, Jawa Barat, 4-7 Desember 2010, dengan mengangkat tema "Membangun Peradaban Indonesia Madani."

Menurut Hatta Rajasa, potensi besar yang dimiliki Indonesia dapat mendongkrak laju pertumbuhan perekonomian nasional.

"Pertumbuhan ekonomi nasional dari tahun ke tahun terus membaik. Pada 2010 kita mencapai rata-rata pertumbuhan 7,0 persen," paparnya.

Pencapaian rata-rata pertumbuhan 7,0 persen pada 2010, dikatakan Hatta, melampaui target nasional yang dicanangkan pemerintah yaitu 6,8 persen.

Dengan pertubuhan rata-rata pada 2010 dan prospek ke depan, Hatta optimistis, Indonesia segera tampil sebagai kekuatan baru ekonomi dunia.

"Ke depan kita akan menjadi lima besar kekuatan ekonomi dunia," tegas Hatta yang juga ketua umum DPP PAN.

Dengan modal besar yang dimiliki dan prospek cerah perekonomian nasional, harapan menjadi lima besar kekuatan ekonomi dunia diyakini Hatta akan terjadi dalam kurun beberapa tahun ke depan.

"Kita optimistis pertumbuhan ekonomi nasional akan meningkat pada setiap taun. Kalangan pengamat asing pun memprediksi Indonesia segera menjadi bagian utama dari kekuatan ekonomi dunia," demikian Hatta Rajasa.(*)
(ANT/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010