Bogor (ANTARA News) -Tokoh Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jimly Assihiddiqie Selasa mengemukakan, Indonesia merupakan negara terbesar keempat dengan penduduk terbanyak di dunia yang memiliki peran penting dalam peradaban global.

"Indonesia memiliki peran dan potensi besar dalam membangun peradaban global," kata Jimly Assidiqie di sela-sela penutupan Muktamar ke-V ICMI yang dilangsungkan di IICC Kota Bogor.

Muktamar ke-V ICMI dilaksanakan mulai Sabtu dan berakhir pada Selasa, dengan melibatkan sekitar 1.000 peserta.

Jimly Assidiqie yang juga anggota Watimpres RI mengungkapkan, dengan populasi penduduk terbanyak keempat di dunia, Indonesia dapat memainkan peran dalam membangun peradaban global.

"Dengan jumlah penduduk yang dimiliki saat ini, menempatkan Indonesia sebagai peradaban terbesar keempat di dunia," terang Jimly.

Oleh karena itu, Jimly mengajak ICMI dan segenap komponen bangsa agar mengelola potensi besar sebagai peradaban terbesar di dunia dengan mewujudkan tatanan masyarakat yang berakhlak mulia atau peradaban madani.

Peradaban madani tersebut perlu diperjuangkan guna meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan keadilan bagi semua komponen bangsa.

"Tugas kita semua untuk mewujudkan peradaban madani, yang dapat menempatkan Indonesia sebagai peradaban terbesar keempat di dunia," demikian Jimly Assidiqie.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010