Beograd (ANTARA News) - Mantan pemain nasional Kroasia Robert Prosinecki, Kamis, ditunjuk sebagai pelatih baru klubnya dulu, Red Star Belgrade, demikian pernyataan klub tersebut.

"Dewan manajemen dengan suara bulat memutuskan untuk menunjuk Robert Prosinecki sebagai pelatih baru Red Star," demikian pernyataan dalam laman klub tersebut.

Sebelumnya pada hari yang sama, Kamis, mantan pemain tengah berusia 41 tahun itu mengatakan ia mampu memenuhi tuntutan pekerjaan baru tersebut.

"Mereka (Red Star) memanggil saya untuk pertama kali sebulan yang lalu. Mungkin saya tidak punya pengalaman, tetapi saya yakin dengan potensi dan bakat saya," kata Prosinecki kepada harian Jutarnji List.

"Red Star adalah klub besar, klub kenangan saya. Mungkin suatu hari nanti saya akan melatih Liverpool, tetapi saat ini Red Star adalah yang paling bisa saya dapatkan," tambahnya.

Prosinecki akan menggantikan Aleksandar Kristic, yang dipecat awal bulan ini karena penampilan klub yang lemah baik dalam penampilan lokal maupun internasional.

Red Star mengakhiri musim gugur di urutan kedua, berada di bawah saingan utama mereka, Partizan Belgrade.

Prosinecki mengawali karir profesionalnya di Dinamo Zagreb pada 1986, bergabung dengan Red Star setahun kemudian.

Pemain tengah yang sangat berbakat dan kreatif itu berada di klub Serbia tersebut hingga 1991, ketika mereka meraih mahkota juara Eropa.

"Mereka memberi saya banyak dan saya harus membalasnya dengan sesuatu," kata Prosinecki.

Ia kemudian bergabung dengan Real Madrid, Barcelona, Sevilla, Standard Liege dan Portsmouth.

Prosinecki memainkan 49 pertandingan bagi tim nasional Kroasia dan mencetak 10 gol. Ia adalah anggota tim yang mencapai posisi ketiga dalam Piala Dunia 1998.

Setelah pensiun sebagai pemain, Prosinecki kembali ke Kroasia untuk menjadi asisten pelatih bersama tim nasional.
(F005/A011/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010