Jakarta (ANTARA News) - Atlet binaraga Asrelawandi berhasil meraih medali emas pertama bagi Kontingen Indonesia setelah menjuarai `beach bodybuilding` pada multi event Asian Beach Games II/2010 di Muscat, Oman.

Dalam lomba di kelas 60 kilogram yang berlangsung di Qurum City Amphitheatre pada Jumat malam, Asrelawandi paling sedikit membuat kesalahan dalam setiap pose sehingga ia mengantongi total skor 21 sebagai nilai terbaik.

Medali perak nomor ini diraih atlet Vietnam Pham Van Mach dengan skor 22, sedangkan medali perunggu jatuh ke tangan Pongkam Jiraphan dari Thailand dengan skor 25.

Medali emas ini merupakan medali emas pertama bagi kontingen Merah Putih yang kali ini mengikuti 12 cabang dari 14 cabang yang dipertandingkan.

Hasil itu sekaligus merupakan keberhasilan untuk mempertahankan medali emas yang diperoleh Asrelawandi pada Asian Beach Games I di Bali pada 2008 dan Indonesia tampil sebagai juara umum dengan meraup 23 medali emas, demikian pula dengan Pham Van Mach yang ketika itu juga meraih medali perak.

Sementara atlet Malaysia Sazali Samad meraih medali emas di kelas 70 kilogram yang merupakan medali emas pertama bagi negaranya pada event ini.

Di kelas 65 kilogram, atlet Thailand Somkhit Sumethowetchakun tampil juara sekaligus memperbaiki prestasinya dari raihan medali perak pada Asian Beach Games II/2008.

Sementara binaragawan Vietnam Van Lam Nguyen dan Truong Giang Nguyen harus puas dengan medali perak dan perunggu di kelas 65 kilogram tersebut, juga sebagai prestasi pertamanya pada event ini.

Secara keseluruhan atlet Vietnam mengantongi empat medali dari cabang ini.
(ANT/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010