Menteri PPPA apresiasi inisiasi Forum Anak gelar DAFA Award 2021

Menteri PPPA apresiasi inisiasi Forum Anak gelar DAFA Award 2021

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga. (ANTARA/ HO-KemenPPPA)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengapresiasi inisiasi Forum Anak Nasional dalam menyelenggarakan DAFA Award 2021 sebagai ajang pengumpulan data dan informasi Forum Anak se-Indonesia.

"Melalui pengumpulan data dan pemberian penghargaan ini, data yang terkumpul juga akan menjadi dasar perencanaan untuk mengembangkan berbagai kebijakan dan program ke depannya agar tepat sasaran," kata Menteri Bintang dalam acara Penganugerahan DAFA Award 2021 yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

Menurut dia, Forum Anak telah memberikan banyak dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Indonesia serta masyarakat luas.

Baca juga: Menteri PPPA dorong pembentukan Forum Anak hingga ke tingkat desa

Bahkan, meski di tengah pandemi, forum ini tetap mampu menyuarakan aspirasi anak-anak kepada pemerintah seperti memperjuangkan pendidikan bagi anak.

"Forum Anak menyediakan data yang berharga melalui survei 'Ada Apa Dengan COVID-19' yang telah membantu KPPPA dalam memperjuangkan hak-hak anak dalam situasi pandemi kepada para pemangku kepentingan," katanya.

Bintang berharap ajang penghargaan DAFA 2021 ini bisa memompa semangat para anggota Forum Anak dalam memperjuangkan aspirasi anak-anak Indonesia.

"Bunda berharap ajang ini tidak dipandang sebagai sebuah kompetisi semata, tetapi juga sebagai sarana untuk saling menginspirasi dan bersinergi satu sama lain, sehingga pada akhirnya kita dapat maju bersama dan bersama-sama maju," tutur Bintang.

Baca juga: Forum anak sebagai duta hak anak di pelosok daerah

Baca juga: Forum Anak dilibatkan dalam kampanye pencegahan stunting


Penganugerahan DAFA Award 2021 yang digelar di tengah pandemi COVID-19 ini diharapkan tidak menghalangi anak-anak dalam mengembangkan imajinasi, berkreasi, belajar serta meraih mimpi.

"Meski situasi pandemi ini banyak membatasi gerak fisik kita, imajinasi dan ilmu pengetahuan bersifat tidak terbatas yang tentunya kita harapkan untuk mendorong kontribusi bagi bangsa dan menjemput mimpi-mimpi kita menuju Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045," tambah Menteri PPPA.
 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Potensi perempuan dalam pembangunan tak boleh dipandang sebelah mata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar