Bantaeng, Sulsel (ANTARA News) - PT Asuransi Kesehatan (Askes) Kabupaten Bantaeng menawarkan pemeriksaan kesehatan (general check-up) gratis kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemda Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Penawaran ini diberlakukan kepada PNS yang berusia 40 tahun ke atas dan belum pernah melakukan medical check-up, kata Kepala PT Askes (Persero) Kabupaten Bantaeng Hj Satidjah di Bantaeng, Rabu.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan sebagai bentuk kemitraan antara Pemda dengan PT Askes. Untuk mewujudkan penawaran tersebut perusahaan negara yang bergerak di bidang asuransi kesehatan ini telah menjalin kerjasama dengan pihak RSUD Prof Dr Anwar Makkatutu.

Menjawab pertanyaan, Satidja mengatakan, berdasarkan data, masih ada sekitar 40 persen PNS berusia 40 tahun ke atas yang belum pernah memeriksakan kesehatannya.

Karena itu, ia berharap kepada PNS yang berminat dilakukan pemeriksaan agar menghubungi pihaknya di Kantor Askes Bantaeng. "Silahkan menghubungi kami untuk didaftar. Pendaftaran yang akan berlangsung hingga 25 Desember ini tidak dipungut biaya," ucapnya.

Pasien yang mendaftar akan diperiksa darahnya, direkam jantungnya serta, rongent dan pemeriksaan lainnya.

Selain pemeriksaan kesehatan gratis, PT Askes juga telah menjalin kerjasama dengan dokter praktek (dokter keluarga) untuk pemeriksaan kesehatan bagi seluruh PNS.

Untuk 2010, pemberlakuan dokter keluarga dilayani empat orang dokter di wilayah Kota Bantaeng dan Kecamatan Bissappu. Tahun depan (2011) pelayanan akan diperluas ke Puskesmas Kassi-Kassi dan Banyorang.

Ia berharap, melalui kerjasama pelayanan ini, para PNS bisa lebih mudah melakukan pemeriksaan kesehatannya.  (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010