Surabaya (ANTARA News) - Mantan pemain tim nasional Denmark pada Piala Eropa 2000, Marc Nygaard, dikabarkan akan bergabung dengan Persebaya Surabaya pada kompetisi Liga Primer Indonesia 2011.

Kabar bergabungnya pemain bernama lengkap Marc Stephen Griffith Nygaard itu, disampaikan Direktur PT Pengelola Persebaya Indonesia Llano Mahardika kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Pemain berusia 34 dengan posisi penyerang itu, merupakan salah satu "marguee player" atau pemain kelas dunia yang didatangkan konsorsium LPI untuk peserta kompetisi.

"Kami tidak jadi mendapatkan pemain asal Asia. Sebagai gantinya, kami dapat marguee player dari Eropa," kata Llano.

Ia mengatakan Marc Nygaard dijadwalkan tiba di Surabaya pada pekan depan dan akan langsung bergabung dengan Persebaya LPI.

"Kendati usianya sudah tidak muda, tapi kualitas Nygaard tidak perlu diragukan. Selain pernah memperkuat timnas Denmark, dia juga pernah membela beberapa klub di Eropa," ujarnya.

Sejumlah klub yang pernah diperkuat Marc Nygaard, antara lain Copenhagen (Liga Denmark), Roda JC dan Heerenveen (keduanya Liga Belanda), serta tiga klub Liga Italia, masing-masing Brescia, Catania dan Vicenza.

Pelatih Persebaya LPI Aji Santoso yang ditemui terpisah, menyambut baik rencana bergabungnya Marc Nygaard untuk memperkuat timnya pada kompetisi LPI yang dijadwalkan mulai awal Januari 2011.

"Kalau kabar itu benar, saya berharap dia bisa segera bergabung dengan tim untuk melakukan adaptasi karena kompetisi LPI sudah semakin dekat," ujarnya.

Menurut Aji, kendati pernah malang melintang di sejumlah klub Eropa dan timnas Denmark, Marc Nygaard tetap memerlukan waktu untuk adaptasi dengan tim yang akan dibelanya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010