Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya menambah kekuatan pengamanan untuk pertandingan sepakbola semifinal pertama Piala Suzuki ASEAN Football Federation (AFF) antara tim Indonesia melawan Filipina yang digelar petang nanti.

"Kita tambah lagi jadi totalnya 3.000 personel setelah rapat Rabu (15/12) malam," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Baharudin Djafar di Jakarta, Kamis.

Baharudin menuturkan kekuatan personel itu ditempatkan di dalam dan sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), serta lokasi tertentu menuju tempat pertandingan.

Perwira menengah kepolisian itu, menyebutkan jumlah pasukan pengamanan tersebut belum termasuk petugas cadangan yang siaga untuk memberikan bantuan keamanan.

Baharudin mengimbau masyarakat yang akan menyaksikan pertandingan sepakbola Tim Nasional (Timnas) Indonesia tidak membawa kendaraan pribadi ke areal parkir Stadion GBK.

Pasalnya petugas hanya memberikan izin kendaraan dinas yang membawa pasukan keamanan dan akan melarang kendaraan pribadi untuk masuk ke areal stadion terbesar di Indonesia tersebut.

Baharudin menambahkan, Polda Metro Jaya mendapatkan bantuan pengamanan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya dengan menggelar "Operasi Waskita".

Keterlibatan Paspampres dan Kodam Jaya itu, guna mengamankan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dijadwalkan akan menyaksikan langsung pertandingan sepakbola di Stadion GBK.

Sebelumnya, tim pasukan "Garuda Indonesia" akan menjalani pertandingan semifinal pertama melawan Filipina dalam perebutan tiket menuju final Piala Suzuki AFF 2010 di Stadion GBK, Kamis (16/12) pukul 19.00 WIB.

Polda Metro Jaya juga memberlakukan pengalihan arus lalulintas dengan penutupan jembatan layang (flyover) Senayan dari arah Jalan Gerbang Pemuda dan kendaraan dari arah timur Semanggi lurus menuju Slipi.

Penutupan gerbang masuk pintu VII dalam dari arah utara dan dari arah Flyover Senayan diarahkan lurus menuju lampu merah Lapangan Tembak.

Jalur gerbang masuk pintu VIII dari arah barat lampu merah Lapangan Tembak dialihkan lurus menuju lampu merah Asia Afrika.

Pengalihan arus di kawasan Taman Anggrek arah Istora Senayan menuju lampu merah Asia Afrika ke arah pintu I keluar Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Terakhir penutupan jalan ke arah kolam renang Senayan yang diarahkan menuju pintu V Stadion GBK atau ke arah pintu I.

(T014/A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010