PBB (ANTARA News) - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) Rabu menyetujui resolusi mencabut sanksi-sanksi terhadap Irak pada era Saddam Hussein, yang diberlakukan pada 1991.

Dalam resolusi baru itu, ke-15 negara anggota DK memutuskan mencabut sebagian besar sanksi-sanksi internasional yang dikenakan kepada Irak di bawah pemerintahan mantan presiden Saddam Hussein.

Resolusi itu disetujui dengan suara bulat pada satu pertemuan terbuka Dewan Keamanan, yang dipimpin oleh Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden, yang negaranya kini menjabat sebagai ketua bergiliran DK untuk Desember.

Dewan Keamanan juga menyepakati dua resolusi lain, dan menghentikan program minyak-untuk-pangan serta larangan-larangan mengenai impor teknologi sipil nuklir ke Irak, dan menyerukan tentang ratifikasi Irak tentang protokol pemeriksaan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Sebelum dimulai pertemuan terbuka, para perwakilan anggota Dewan Keamanan berdiri sejenak untuk mengheningkan cipta buat diplomat terkemuka Amerika Serikat Richard Holbrooke, yang meninggal Senin dalam usia 69 tahun.

Holbrooke adalah mantan perwakilan tetap Amerika Serikat untuk PBB.

Sekjen PBB Ban Ki-moon telah mengirimkan surat turut berduka cita kepada keluarga Holbrooke, dan mengatakan bahwa mantan duta besar AS di PBB itu adalah "orang besar dan legenda pada zamannya," kata sebuah pernyataan PBB Selasa.(*)

Xinhua/H-AK/M016

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010