Perwakilan Jawa Timur raih juara satu lomba bertutur tingkat SD/MI

Perwakilan Jawa Timur raih juara satu lomba bertutur tingkat SD/MI

Tangkapan layar lomba bertutur yang diselenggarakan Perpusnas secara daring, Kamis (9/9/2021). ANTARA/Indriani

Pelangi berhasil meraih juara satu pada final dengan membawakan kisah isah "Pak Mendong dan Mbok Mendong" yang mengisahkan tentang keluarga miskin.
Jakarta (ANTARA) - Perwakilan dari Jawa Timur yakni Pelangi Tunjung K berhasil meraih juara satu dalam lomba bertutur tingkat SD/MI yang diselenggarakan Perpusnas secara daring, 6-9 September 2021.

Pelangi berhasil meraih juara satu pada final yang diselenggarakan, Kamis dengan membawakan kisah isah "Pak Mendong dan Mbok Mendong" yang mengisahkan tentang keluarga miskin.

Juara kedua diraih Binar Mutiara Yahya dari DI Yogyakarta dan juara ketiga diraih Hanania Yazid dari Banten.

Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional Deni Kurniadi mengatakan kemampuan bertutur adalah hasil literasi pada tahap pemahaman dan pemaknaan apa yang tersurat dan yang tersirat yang diperoleh dari kegiatan membaca.

"Dari kandungan bahan bacaan berbasis konten lokal mereka mendapatkan pesan-pesan moral ataupun keluhuran budi pekerti sebagai bagian dari warisan kekayaan Nusantara," ujar Deni.

Sejak usia dini, anak-anak perlu ditanamkan sikap saling menghormati, etika sopan santun, rasa belas kasih, bergotong-royong, menerima setiap perbedaan dan toleransi, serta sikap peduli terhadap lingkungan, sehingga di masa depan mereka tidak hanya menjadi generasi yang cerdas dan berdaya saing namun tetap memiliki kualitas akhlak yang istimewa.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas, Adin Bondar, menguatkan pesan lomba bertutur ini merupakan salah satu cara dalam menggiatkan program gemar membaca di kalangan anak-anak. Sangat penting untuk menumbuhkembangkan kreativitas mereka terutama kreativitas dalam membaca.

“Ini penting untuk merangsang kerja otak dan imajinasi mereka dalam menggiatkan dirinya dalam gerakan literasi yang menjadi program pemerintah," kata Adin.

Lomba bertutur dinilai strategis dalam membangun kognitif anak dan membangun kebiasaan anak dalam membaca.
Baca juga: 34 siswa SD/MI ikuti lomba bertutur tingkat nasional
Baca juga: Sebanyak 12 siswa raih juara lomba bertutur Perpusnas
Baca juga: Perpusnas adakan lomba bertutur tingkat nasional secara daring


Pewarta: Indriani
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemkot Tangerang galakkan minat baca pada generasi muda

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar