• Berdasarkan perjanjian konsesi selama 35 tahun, terminal canggih ini akan dibuka pada tahun 2024 dengan kapasitas awal 1,8 juta TEUs
• Pelabuhan Khalifa menjadi hub regional untuk Tiga dari Empat perusahaan pelayaran Top Dunia

Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (Antara/Business Wire)- AD Ports Group, fasilitator logistik, industri, dan perdagangan utama di kawasan ini, dan CMA CGM Group, pemimpin dunia dalam pengiriman dan logistik yang berbasis di Prancis, telah mengumumkan penandatanganan perjanjian konsesi 35 tahun.

Untuk melihat rilis pers multimedia selengkapnya, klik di sini: https://www.businesswire.com/news/home/20210909005619/en/

Berdasarkan ketentuan perjanjian ini, terminal baru akan didirikan di Pelabuhan Khalifa, pelabuhan kontainer semi-otomatis pertama di wilayah GCC, yang akan dikelola oleh perusahaan patungan yang dimiliki oleh CMA Terminals anak perusahaan CMA CGM (dengan 70 persen saham) dan AD Ports Group (30 persen saham). Para mitra diharapkan memberikan komitmen sekitar AED 570 juta (154 juta dolar AS) untuk proyek tersebut.

Terminal canggih untuk menemani pertumbuhan Pelabuhan Khalifa

Dengan konstruksi yang dimulai pada tahun 2021, terminal baru ini akan diserahterimakan pada tahun 2024 dengan, pada fase 1, panjang dermaga awal 800 meter dan perkiraan kapasitas tahunan sebesar 1,8 juta TEUs. AD Ports Group akan bertanggung jawab untuk mengembangkan berbagai pekerjaan dan infrastruktur pendukung kelautan. Ini mencakup hingga total 1.200 meter dinding dermaga, 3.800 meter pemecah gelombang, platform rel yang dibangun sepenuhnya, dan halaman terminal seluas 700.000 meter persegi.

Terminal ini akan memberi CMA CGM hub regional baru dan akan memungkinkan Grup tersebut untuk mengembangkan penawaran layanannya antara Abu Dhabi dan Asia Selatan, Asia Barat, Afrika Timur, Eropa dan Mediterania serta Timur Tengah dan anak benua India.

Dengan investasi besar ini, CMA CGM Group terus maju dengan strategi ekspansi globalnya sebagai operator terminal terkemuka. Grup tersebut saat ini mengoperasikan 49 terminal pelabuhan di 27 negara melalui anak perusahaannya CMA Terminals dan Terminal Link.

Pelabuhan Khalifa, pusat untuk tiga dari empat perusahaan pelayaran teratas dunia.

CMA CGM Group adalah yang ketiga dari empat entitas pelayaran teratas dunia yang bergabung dengan fasilitator perdagangan, logistik, dan industri terkemuka di Abu Dhabi. Perjanjian tersebut menegaskan posisi Pelabuhan Khalifa sebagai salah satu dari sedikit pelabuhan utama di dunia yang menyediakan hub untuk tiga jalur pelayaran top dunia, serta berfungsi sebagai bagian penting dari perdagangan maritim global yang menghubungkan pasar dari timur ke barat.

CMA CGM, mitra berkomitmen untuk ekonomi UEA

Lokasi geografis pusat UEA dan Abu Dhabi, di pusat rute perdagangan internasional, memungkinkan CMA CGM Group untuk menerapkan rencana pengembangan strategis, memperkuat posisinya di Teluk dan memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Hadir di UEA selama 15 tahun, CMA CGM Group mempekerjakan sekitar 450 orang yang bekerja di 10 kantor untuk menyediakan solusi layanan maritim dan logistik terbaik bagi pelanggan. Grup tersebut menghubungkan UEA ke dunia dengan 13 layanan mingguan ke 9 pelabuhan.

Ketua AD Ports Group, H.E. Falah Mohammed Al Ahbabi mengatakan: “Salah satu faktor utama yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Abu Dhabi dan UEA adalah lingkungan ekonomi kami yang stabil yang siap untuk investasi asing. Ditambah dengan zona bebas kompetitif dan inisiatif keterlibatan bisnis yang membantu bisnis asing dalam membangun kehadiran di negara itu dengan mudah, UEA telah menjadi tujuan investasi utama di antara banyak pemain terkemuka dunia yang ingin memperluas jangkauan mereka ke Timur Tengah.

“Perjanjian penting dengan CMA CGM Group ini adalah contoh utama dari upaya berkelanjutan tersebut dan yang akan secara signifikan mempercepat perdagangan dan pengembangan industri di UEA dan sekitarnya.”

“Selain mendorong peningkatan volume perdagangan melalui pelabuhan kami dan meningkatkan pembangunan ekonomi UEA, kami berharap kapasitas fasilitas dan hubungan perdagangan yang ditambahkan dengan tujuan pelabuhan terkenal lainnya akan mendorong investasi ke bisnis lokal dan zona industri kami, mempercepat pengembangan sektor-sektor utama termasuk manufaktur dan logistik, dan meningkatkan permintaan tenaga kerja.”

“Kesepakatan ini akan membantu kami mewujudkan ambisi jangka panjang kami untuk menjadi 10 pelabuhan, industri, dan operator logistik teratas dengan memperluas kapasitas dan pertumbuhan kami di seluruh kawasan dan sekitarnya. Secara keseluruhan, kami memproyeksikan bahwa selama lima tahun ke depan usaha patungan Terminal CMA akan mendorong pengembangan lebih lanjut dari Zona Industri Khalifa Abu Dhabi (Khalifa Industrial Zone Abu Dhabi/KIZAD), sekaligus berkontribusi secara signifikan terhadap PDB nasional.”

Kapten Mohamed Juma Al Shamisi, Group CEO, AD Ports Group, berkata: “Penambahan terminal kontainer baru di Pelabuhan Khalifa, yang akan dikelola oleh perusahaan patungan yang dibentuk bekerja sama dengan Terminal CMA, membuka babak baru dalam upaya organisasi kami. untuk menjadi fasilitator utama perdagangan global, dan meningkatkan posisi Abu Dhabi sebagai pusat regional dan internasional untuk perdagangan maritim.

“Dengan tambahan perusahaan grup pelayaran terkemuka dunia lainnya, akan menjadikan Pelabuhan Khalifa sebagai hub bagi tiga dari empat perusahaan pelayaran teratas dunia. Penambahan ini membuka peluang untuk membuka jalur perdagangan ke pasar baru di Eropa, Afrika, Asia Barat, dan Asia Selatan. Di dalam negeri, kami mengharapkan kehadiran terminal jalur pelayaran, yang akan terhubung langsung ke terminal kereta api Pelabuhan Khalifa yang akan datang dan memanfaatkan layanannya, untuk mempercepat arus perdagangan yang masuk dan keluar dari UEA, sekaligus mendorong pelanggan CMA CGM Group untuk mempertimbangkan membangun kehadirannya di Abu Dhabi.”

Ketua dan Kepala Staf Eksekutif CMA CGM Group, Rodolphe Saadé, berkata: “Proyek ambisius yang kami luncurkan hari ini di Abu Dhabi menandai tonggak penting dalam strategi pengembangan CMA CGM di wilayah tersebut.

Terminal canggih ini akan berkontribusi untuk meningkatkan posisi Pelabuhan Khalifa sebagai hub global terkemuka dan untuk meningkatkan ekonomi kawasan, mempercepat arus perdagangan masuk dan keluar dari Abu Dhabi.

Ini juga akan memungkinkan Grup kami untuk memperluas jaringan pengiriman dan logistiknya di wilayah tersebut, di mana kami melihat banyak potensi pertumbuhan.”

Untuk melihat video perjanjian ini, silakan kunjungi https://youtu.be/hvW0sgIOonY.

Tentang AD Ports Group:

Informasi lebih lanjut silakan kunjungi adports.ae

Twitter @AbuDhabiPorts




Tentang CMA CGM

Ikuti CMA CGM Group di:






*Sumber: AETOSWire

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20210909005619/en/

Kontak
AD Ports Group
Sana Maadad
+971506250890

CMA CGM
Hubungan Media

Sumber: AD Ports Group

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021